kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,55   -16,97   -1.81%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efektif, ini 4 cara menghilangkan jerawat dan bekasnya


Selasa, 04 Mei 2021 / 10:53 WIB
Efektif, ini 4 cara menghilangkan jerawat dan bekasnya
ILUSTRASI. Kayu manis dan bahan alami lainnya bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Saat tak tertangani dengan baik, jerawat bisa meninggalkan bekas yang sulit hilang. Jika Anda mengalami hal itu, ada banyak cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang perlu Anda coba.

Jerawat membuat kulit Anda meradang. Nah, kondisinya bisa semakin parah saat Anda memencetnya terlalu sering. Kulit akan memproduksi melanin yang justru memunculkan noda hitam di kulit Anda. Tak hanya itu, kolagen dan tekstur kulit bisa menjadi rusak.

Supaya kondisi jerawat tak semakin parah, Anda perlu menjaga kebersihan kulit dan berusaha untuk tidak memencetnya. Selain itu, gunakan masker untuk jerawat berikut supaya kondisi kulit terjaga. Usahakan untuk menggunakannya secara teratur supaya mendapat hasil yang maksimal.

Madu dan Kayu Manis

Mengutip dari The Curious Millenial (thecuriousmillenial.com), madu dan kayu manis memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang efektif menyembuhkan jerawat serta menghilangkan bekasnya. 

Caranya, campur 2 sdt madu dan 1 sdt bubuk kayu manis. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat lalu lanjutkan dengan toner yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami

Kunyit dan Lidah Buaya

Kombinasi kunyit dan lidah buaya cocok dijadikan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Selain digunakan sebagai penghilang bekas jerawat, bahan-bahan alami itu juga mampu mengontrol produksi minyak dan baik untuk pemilik tipe kulit sensitif.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur 1 sdm gel lidah buaya dan 1 sdt bubuk kunyit lalu aduk hingga rata. Setelah itu, aplikasikan pada kulit selama minimal 10 menit kemudian bilas dengan air.

Oatmeal

The Curious Millenial merekomendasikan oatmeal sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Ada banya nutrisi penting yang terkandung dalam bahan alami itu. Mulai dari vitamin E, antiinflamasi, vitamin B kompleks, dan nutrisi yang lain.

Anda perlu merebus oatmeal lalu mendiamkannya terlebih dahulu. Setelah oatmeal berada di suhu ruang, gunakan oatmeal pada kulit. Diamkan dulu selama 25 hingga 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air. Lanjutnya perawatan kulit dengan pelembab yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Coba 4 cara alami menghilangkan bekas jerawat ini, yuk

Pisang, Yogurt, Madu

Pisang bisa Anda kombinasikan dengan bahan lain sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Bahan alami lainnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah pisang, madu, dan yogurt. Vitamin A yang terkandung dalam pisang efektif menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya itu, vitamin B dalam pisang baik untuk tipe kulit kering.

Caranya, tumbuk satu buah pisang berukuran sedang hingga halus. Setelah itu, tambahkan ¼ gelas yogurt dan 2 sdm madu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit minimal selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

Selanjutnya: 5 Bahan alami ini cocok dijadikan masker untuk jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×