5 Bahan alami ini cocok dijadikan masker untuk jerawat

Rabu, 28 April 2021 | 07:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan alami ini cocok dijadikan masker untuk jerawat

ILUSTRASI. Lidah buaya bisa Anda gunakan sebagai masker untuk jerawat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Tak hanya kulit berminyak, pemilik tipe kulit yang lain juga bisa mengalami masalah itu. Supaya kondisi kulit tetap terjaga, ada banyak masker untuk jerawat yang bisa Anda gunakan.

Jerawat muncul saat pori-pori kulit tersumbat. Entah karena produksi minyak kulit berlebih, sel kulit mati yang menumpuk, atau jenis kotoran yang lain. Jerawat juga bisa muncul saat kondisi hormon dalam tubuh tak terkontrol.

Salah satu cara yang bisa Anda coba supaya jerawat berkurang adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Namun, usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Jika tidak ada reaksi alergi atau iritasi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Teh Hijau

Mengutip dari The Healthy (thehealthy.com), teh hijau mengandung banyak antiinflamasi dan antioksidan sehingga mampu menyembuhkan jerawat. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan teh hijau.

Pertama, gunakan air teh hijau yang sudah dingin sebagai pembersih wajah. Kedua, Anda bisa meletakkan kantung teh hijau di atas area kulit yang berjerawat. Cobalah untuk melakukan hal itu secara rutin supaya jerawat bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Memakai bahan alami, ini 4 cara menghilangkan bruntusan

Lidah Buaya

Masker untuk jerawat lainnya yang bisa Anda coba adalah lidah buaya. Tak hanya menyembuhkan jerawat, lidah buaya juga bisa mencegah kemunculan bekas jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya secara rutin pada jerawat.

Cuka Apel

The Healthy merekomendasikan cuka apel untuk mengurangi kemunculan jerawat. Asam malat dan asam laktat yang terkandung dalam cuka apel mampu mengeksfoliasi kulit secara optimal sehingga jerawat bisa kering dan sembuh dengan lebih cepat.

Madu

Bahan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai masker untuk jerawat adalah madu. Madu mengandung antibakteri sehingga mampu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Anda bisa langsung mengoleskan madu pada jerawat. Selain itu, Anda bisa mengkombinasikannya dengan oatmeal. Pertama, campur ½ gelas madu dengan 1 gelas oatmeal. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit yang berjerawat selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 3 Bahan ini cocok jadi kombinasi masker lidah buaya

Lemon

Salah satu masker untuk jerawat terbuat dari lemon.

Lemon memiliki banyak fungsi penting untuk menjaga kondisi kulit Anda. Bahan alami itu bisa membersihkan sel kulit mati, mencegah kemunculan jerawat, dan mencerahkan warna kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan air lemon pada kulit berjerawat lalu membilasnya dengan air dingin.

Selanjutnya: 4 Masker madu yang sesuai dengan masalah kulit Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru