Efektif dan mudah didapat, ini 4 obat batuk kering

Rabu, 19 Mei 2021 | 12:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif dan mudah didapat, ini 4 obat batuk kering

ILUSTRASI. Salah satu manfaat jahe adalah digunakan sebagai obat batuk kering.

KONTAN.CO.ID - Batuk kering adalah kondisi di mana tubuh kesulitan untuk mengeluarkan benda asing yang membuat tenggorokan iritasi. Untuk mengatasinya, ada banyak obat batuk kering yang bisa Anda jadikan pilihan.

Mengutip dari Healthline, ada beberapa faktor yang mengakibatkan batuk kering. Mulai dari flu, pilek, asma, GERD, hingga polusi seperti asap rokok. Tak hanya dialami oleh orang dewasa, batuk kering juga bisa dialami oleh anak-anak.

Sebenarnya, ada berbagai macam obat batuk yang dijual di apotek. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menjatuhkan pilihan pada bahan-bahan alami. Dengan penggunaan rutin, batuk kering bisa sembuh dengan lebih cepat.

Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang sudah biasa dimanfaatkan sebagai obat batuk. Antibakteri dan antiinflamasi yang ada dalam jahe mampu meredakan rasa sakit akibat batuk dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan jahe. Pertama, kunyah jahe secara rutin. Kedua, rebus jahe terlebih dahulu lalu minum air rebusan itu. Anda bisa menambahkan air lemon atau madu supaya rasanya lebih lezat.

Baca Juga: Banyak obat pilek anak yang bisa dipilih, bisa dengan madu

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga bisa Anda jadikan cara mengobati batuk kering, lo. Caranya, campur beberapa tetes minyak kayu putih dalam sewadah air hangat.

Hirup udara yang keluar dari air hangat tersebut. Lakukan beberapa kali sehari sampai batuk kering berkurang.

Madu

Madu termasuk salah satu bahan alami yang bisa dipakai sebagai obat batuk kering.

Healthline merekomendasikan madu sebagai obat batuk kering untuk orang dewasa dan anak di atas usia satu tahun. Sama seperti jahe, madu memiliki antibakteri yang dapat melawan infeksi.

Cobalah untuk mengonsumsi 1 sdt madu beberapa kali dalam sehari. Dengan begitu, batuk bisa lebih cepat sembuh.

Baca Juga: 10 Obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan

Air garam

Jika Anda mencari obat batuk kering, tidak ada salahnya untuk mencoba air garam. Air garam efektif melawan infeksi bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan.

Dengan pemakaian rutin, batuk kering dan gejala infeksi bakteri yang lain bisa hilang dengan lebih cepat.

Pertama-tama, campur 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Namun, usahakan untuk tidak menggunakan air garam pada anak-anak, ya. Dikhawatirkan air garam justru tertelan sehingga menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Selanjutnya: Mudah Anda dapat, ini 5 rekomendasi obat batuk kering dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru