Tips Sehat

Efektif, coba 4 cara membersihkan paru-paru ini, yuk

Senin, 10 Mei 2021 | 11:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, coba 4 cara membersihkan paru-paru ini, yuk

ILUSTRASI. Salah satu cara membersihkan paru-paru adalah dengan menggunakan bahan alami. ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sering merasa kesulitan bernapas? Jika iya, bisa jadi paru-paru Anda dipenuhi oleh kotoran. Apalagi jika Anda sering terpapar polusi atau memiliki kebiasaan merokok. Selain menghentikan kebiasaan yang tidak sehat, masih banyak cara membersihkan paru-paru yang lain.

Pertama, usahakan untuk rajin olahraga. Pilihpalah olahraga yang Anda sukai, seperti bersepeda, jogging, atau berenang. Jika Anda ragu-ragu memilih jenis olahraga mana yang tepat untuk Anda, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selain olahraga, Anda juga bisa menjaga kesehatan paru-paru dengan bahn-bahan alami. Selain baik untuk organ pernapasan, bahan alami ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, cobalah untuk menggunakannya secara rutin.

Teh

Siapa yang suka mengonsumsi teh? Ternyata, teh bisa digunakan untuk menjaga kondisi paru-paru, lo. Mengutip dari Clean Eating (cleaneatingmag.com), teh, terlebih teh hitam atau black tea, mengandung banyak antioksidan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh bisa mengobati paru-paru yang terluka dan meredakan inflamasi serta efek asap rokok yang buruk. Cobalah untuk mengonsumsi segelas teh hitam minimal satu kali dalam sehari supaya kondisi paru-paru tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Jenis makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan paru-paru

Apel

Mengonsumsi buah apel termasuk cara membersihkan paru-paru.

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan apel. Sama seperti teh hitam, apel mengandung banyak antioksidan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru, apalagi jika organ tersebut sering terkena asap rokok.

Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung atau mengolahnya dulu menjadi salad. Dengan mengonsumsi minimal lima buah apel per minggu, kondisi paru-paru dan kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Peppermint

Melansir Eating Clean, peppermint mampu mengendurkan otot sistem pernapasan. Dengan begitu, kondisi organ tersebut bisa terjaga. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur tiga hingga empat tetes minyak peppermint dalam 500 ml air hangat. Setelah itu, hirup uap yang keluar dari campuran tersebut.

Baca Juga: Cara mengatasi kekurangan oksigen dalam darah

Bluberi

Cara membersihkan paru-paru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan mengonsumsi bluberi. Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan, bluberi mengandung antioksidan yang mampu melawan efek berbahaya dari polusi.

Flavonoid yang ada dalam bluberi mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut sebuah penelitian, kandungan dalam bluberi juga bisa memprogram ulang gen dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kuat saat melawan polusi.

Selanjutnya: Cara membersihkan paru-paru bisa pakai 5 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru