kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efektif, Begini 5 Cara Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh


Kamis, 13 Januari 2022 / 18:25 WIB
Efektif, Begini 5 Cara Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda mengalami diabetes karena jumlah gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol. Supaya kondisi kesehatan tak semakin memburuk, ada beberapa cara menurunkan gula darah yang sebaiknya segera Anda lakukan.

Pertama, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Misalnya, makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, alkohol, susu sapi, dan lain sebagainya. Susu sapi dapat mengganggu sistem imun tubuh yang mana berpengaruh pada jumlah gula darah.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu kambing. Jenis susu itu justru mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk menjaga jumlah gula darah.

Turunkan Berat Badan

Cara menurunkan gula darah selanjutnya adalah dengan menurunkan berat badan. Berat badan berlebih dapat meningkatkan inflamasi dan resistensi insulin sehingga risiko diabetes pun bertambah. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda praktikkan, mulai dari jogging, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Anda Jadikan Obat Asam Lambung

Konsumsi Lidah Buaya

Supaya jumlah gula darah dalam tubuh lebih terkontrol, tak ada salahnya untuk mengonsumsi lidah buaya. Efek tersebut berasal dari kandungan dalam lidah buaya yang berperan sebagai antiinflamasi. Cobalah untuk mengonsumsi bahan alami ini secara rutin.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok bisa jadi cara menurunkan gula darah.

E Times merekomendasikan Anda untuk berhenti merokok supaya jumlah gula darah dalam tubuh tak terlalu tinggi. Risiko diabetes meningkat hingga 61% pada orang-orang yang menghisap lebih dari 20 rokok per hari. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Banyak Konsumsi Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan yang memiliki banyak serat bisa memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, penyerapan gula di tubuh bisa berkurang sehingga jumlah gula darah pun turun. Secara umum, wanita membutuhkan 25 g serat per hari. Sedangkan laki-laki membutuhkan 38 g serat per hari.

Baca Juga: Kunyit Efektif Merontokkan Gula darah Tinggi, Begini Aturan Konsumsinya

Konsumsi Kayu Manis

Cara menurunkan gula darah lainnya yang bisa Anda praktikkan adalah dengan rutin mengonsumsi kayu manis. Senyawa yang terkandung dalam kayu manis efektif melawan risiko diabetes. Tak hanya itu, kayu manis juga mampu menstimulasi aktivitas insulin sehingga jumlah gula darah pun bisa terkontrol.

Meski demikian, Anda tidak boleh mengonsumsi kayu manis dalam jumlah yang berlebihan. Salah satu senyawa dalam kayu manis yang bernama coumarin dapat mengganggu fungsi liver sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi kayu manis, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Pertama, konsumsi 1 sdt bubuk kayu manis yang ditambah dengan sedikit air sebanyak satu kali dalam sehari. Kedua, konsumsi air rebusan kayu manis setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×