kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efektif! 6 Cara Menurunkan Berat Badan yang Mudah Untuk Dilakukan


Selasa, 27 September 2022 / 11:28 WIB
Efektif! 6 Cara Menurunkan Berat Badan yang Mudah Untuk Dilakukan
ILUSTRASI. Menurunkan berat badan


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara menurunkan berat badan yang mudah untuk dilakukan. Selain mudah, ada juga cara menurunkan berat badan yang efektif dan cepat membuat berat badan Anda ideal, penasaran?

Perlu Anda ketahui, ada beberapa cara menurunkan berat badan yang mungkin kerap luput dari perhatian atau tidak disadari. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. 

Menjaga asupan makanan dapat mempengaruhi pula pada asupan kalori. Sederhananya, semakin rendah kalori membuat berat badan akan semakin cepat turun. Meski demikian, setiap harus mempunyi kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung aktivitas dan lain-lain.

Baca Juga: Simak 6 Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Selain itu, olahraga juga menjadi hal yang dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Serta Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gizi agar proses menurunkan berat badan menjadi lebih aman dan efektif.

Melansir dari Greatist, ada beberapa cara menurunkan berat badan yang mudah untuk dilakukan dan bisa dijadikan alternatif, di antaranya:

1. Mengatur Porsi Makan

Seperti yang sudah dikatakan di atas, mengatur porsi makan adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup mudah untuk dilakukan. Salah satu cara yang paling sederhana, Anda bisa mulai mengatur porsi makan dengan mengganti piring dengan ukuran yang lebih kecil. 

2. Memperbanyak Konsumsi Protein

Memperbanyak mengkonsumsi protein juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan. Selain itu, protein juga penting untuk kesehatan tubuh. Ada banyak makanan yang mengandung protein tinggi, seperti oatmeal, telur, dada ayam dan masih banyak lagi makanan yang mengandung protein tinggi lainnya.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Crystal Palace vs Chelsea Pekan 9 tayang 1 Oktober

3. Tidur

Tahukah Anda bahwa tidur dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Ya, memenuhi waktu dan kualita tidur merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup efektif. 

Pasalnya, jika Anda kurang tidur, hal tersebut dapat membuat hormon yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar terganggu. Akibatnya, Anda akan lebih sering makan. Selain itu, memenuhi waktu dan kualitas tidur sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi

Selain memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, salah satu cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. 

Pasalnya, makanan berserat tinggi mampu memperlambat proses pencernaan makanan. Sehingga dapat membuat Anda cenderung lebih merasa kenyang.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 11 Ada Laga Barito Putera vs PSM Makassar

5. Menghindari Gula

Cara menurunkan berat badan selanjutnya Anda perlu menghindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Pasalnya, makanan atau minuman yang mengandung gula cenderung mempunyai kalori yang lebih banyak. Selain itu, makanan yang mengandung gula juga dapat memicu diabetes yang berbahaya bagi kesehatan.

6. Mengkonsumsi Vitamin D

Cara mudah untuk dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi vitamin D. Hal tersebut dikarenakan vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat membakar lemak. Sehingga berat badan bisa segera turun. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya denga berjemur di bawah matahari, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D hingga mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×