kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efek samping vaksin Covid-19 banyak dialami pria? Cek laporannya


Kamis, 10 Juni 2021 / 15:31 WIB
Efek samping vaksin Covid-19 banyak dialami pria? Cek laporannya
ILUSTRASI. Salah satu efek samping vaksin Covid-19 yang mungkin terjadi adalah miokarditis.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak efek samping vaksin Covid-19 yang bisa Anda alami, seperti sakit kepala atau nyeri di sekitar bekas suntikan. Kondisi itu merupakan hal normal karena tubuh merespons benda asing yang masuk. Namun, ada pula efek samping yang cukup menimbulkan kekhawatiran.

Sebelumnya, penggumpalan darah jadi salah satu efek samping vaksin Covid-19 yang perlu Anda waspadai. Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), ada kondisi lain yang juga penting untuk Anda perhatikan, yaitu miokarditis.

Miokarditis adalah kondisi di mana otot jantung mengalami pembengkakan. Sayangnya, kondisi itu tak langsung terjadi. Dibutuhkan waktu beberapa hari sampai akhirnya penderita mengalami gejalanya. Miokarditis sebagai efek samping vaksin lebih banyak dialami laki-laki dewasa berusia lebih dari 16 tahun.

Salah satu penelitian yang membuktikan hasil tersebut dilakukan dengan melibatkan tujuh pria berusia 14-19 tahun. Setelah divaksin, mereka mendatangi rumah sakit dengan keluhan nyeri dada. Hasil diagnosa menunjukkan bahwa merea mengalami miokarditis.

Baca Juga: Suntikan vaksin Covid-19 bikin nyeri? Ini solusinya

Melansir Best Life, sampai saat ini hubungan miokarditis dan efek samping vaksin Covid-19 masih terus ditelusuri. Penting bagi Anda untuk mewaspadai gejala miokarditis yang muncul. Misalnya, nyeri dada, sesak napas, detak jantung meningkat, dan lain sebagainya.

Selain mewaspadai gejala-gejala tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya efek samping vaksin Covid-19 tak semakin parah. Pertama, hindari melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat secara berlebihan.

Baca Juga: Seberapa lama tubuh Anda kebal terhadap infeksi Covid-19?

Kedua, hindari dehidrasi dengan minum banyak air putih. Usahakan untuk minum delapan gelas air putih per hari, apalagi saat cuaca di tempat tinggal Anda panas.

Jika Anda ingin meredakan rasa nyeri di sekitar bekas suntikan vaksin, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan kompres atau lebih menggerakkan lengan. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga rasa sakit berkurang.

Selanjutnya: Cara mencegah virus corona, rajin olahraga bisa jadi pilihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×