kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Duh, diet vegetarian pada ibu hamil bisa melemahkan daya ingat anak


Jumat, 30 Agustus 2019 / 19:56 WIB
Duh, diet vegetarian pada ibu hamil bisa melemahkan daya ingat anak
ILUSTRASI. Ilustrasi ibu hamil mengandung

Sumber: Grid | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam beberapa tahun belakangan ini, sepertinya diet vegetarian sangat digandrungi. Hal itu tidak terlepas dari angka keberhasilan diet vegetarian dalam menurunkan berat badan.

Selain itu, diet vegetarian juga sudah menjadi standar gaya hidup yang sehat kaum milenial. Namun sebenarnya diet vegetarian tidak dianjurkan untuk ibu hamil?

Baca Juga: Ini dia penyebab gemuk yang jarang diketahui

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Emma Derbyshire dari Meat Advisory Panel mengungkapkan fakta mengejutkan terkait risiko yang menghantui ibu hamil ketika dia melakukan diet vegetarian.

Seperti kita tahu, dalam diet vegetarian kita dilarang untuk mendekati segala jenis daging. Dan sebagai gantinya, kita dianjurkan mengkonsumsi kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan lemak.

Meski begitu, ada risiko kekurangan zat penting seperti kolin. Seperti dilansir dari The Sun, kolin sendiri penting untuk tubuh karena berfungsi menjaga kesehatan otak.

Sebenarnya tubuh dapat memproduksi kolin sendiri melalui hati, namun jumlahnya sangat sedikit. Oleh karena itu tubuh membutuhkan asupan kolin dari makanan yang dimakan seperti dari daging sapi, ayam, telur, susu, dan ikan.

Baca Juga: Ternyata makan bisa bikin bahagia, ini caranya

Namun coba bayangkan jika seorang ibu hamil menjalani diet vegetarian, maka akan jadi seperti apa kadar kolin dalam tubuhnya?

Penelitian ini menunjukkan kalau kadar kolin yang rendah pada ibu hamil dapat membahayakan janin karena dapat meningkatkan risiko melemahnya daya ingat dan masalah gangguan kesehatan otak lain.

"Diet vegetarian berisiko melemahkan daya ingat otak janinnya," ujar Dr Emma.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×