Kesehatan Umum

Disiplin pakai masker saat corona, ini masker pilihan petinggi perusahaan tambang

Selasa, 06 Oktober 2020 | 09:00 WIB   Reporter: Dimas Andi
Disiplin pakai masker saat corona, ini masker pilihan petinggi perusahaan tambang


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona (Covid-19) sudah melanda Indonesia selama berbulan-bulan. Di masa itu pula seluruh masyarakat Indonesia diharuskan menggunakan masker saat beraktivitas guna mencegah penularan virus corona.

Menggunakan masker merupakan bagian dari 3M, tips sederhana namun efeknya besar untuk mencegah penularan virus corona. 3M itu adalah memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Direktur PT ABM Investama Tbk Adrian Erlangga mencoba berbagi pengalaman dalam menggunakan masker di masa pandemi Covid-19. Sehari-hari, ia selalu menggunakan masker medis yang menurutnya efektif untuk menahan penularan virus corona.

Dia mengaku, menggunakan masker bukan menjadi pengalaman baru. Sebab, sebagai sosok yang bekerja di industri tambang batubara, Adrian beberapa kali mesti melakukan kunjungan ke area pertambangan yang dipenuhi oleh partikel debu.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Taati protokol kesehatan, lakukan dengan disiplin 3M

Alhasil, protokol kesehatan seperti menggunakan masker sebenarnya sudah menjadi makanan sehari-hari baginya, bukan hanya dalam rangka pencegahan virus corona saja.

“Kalau di area operasi, masker itu sudah menjadi standar tersendiri yang harus dipatuhi oleh setiap pekerja di sana,” ujar dia, Senin (5/10).

Ia menambahkan, jenis masker yang biasa digunakan saat kunjungan ke area tambang emiten berkode saham ABMM tersebut adalah masker N95. Masker ini merupakan jenis masker respirator yang berfungsi menyaring udara dari partikel yang sangat kecil.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Tbk Apollonius Andwie C. mengaku, selama ini ia rajin menggunakan masker medis untuk melakukan kegiatan sehari-hari baik di kantor maupun luar kantor.

“Dari awal pandemi saya sudah memakai masker jenis ini. Sampai sekarang saya tidak mengganti jenis masker yang dipakai,” imbuh dia, Senin (5/10).

Sebab, masker medis umumnya terdiri dari tiga lapisan dan pastinya sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurutnya, sangat penting bagi sebuah masker untuk memenuhi standar kesehatan yang ada. Ini mengingat fungsi utama masker adalah mencegah dan meminimalisasi penyebaran suatu penyakit, termasuk virus corona.

“Jadi masker bukan hanya sebagai wahana penutup bagian wajah saja,” kata sosok yang akrab disapa Pollo tersebut.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

Selanjutnya: 5 Hal yang harus dilakukan saat orang terdekat terinfeksi Covid-19

 

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru