kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Hal yang harus dilakukan saat orang terdekat terinfeksi Covid-19


Senin, 05 Oktober 2020 / 12:04 WIB
5 Hal yang harus dilakukan saat orang terdekat terinfeksi Covid-19
ILUSTRASI. Saat ini, penambahan kasus virus corona belum menunjukkan tanda-tanda berhenti. Hal ini tentu membuat kita cemas. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, penambahan kasus virus corona belum menunjukkan tanda-tanda berhenti. Hal ini tentu membuat kita cemas. 

Lalu, pernahkah Anda membayangkan jika suatu saat mendapati orang terdekatmu terinfeksi Covid-19? 

Lima langkah berikut mungkin bisa membantu Anda untuk menghadapi situasi ketika orang terdekat dinyatakan positif Covid-19. 

1. Persiapan matang 

Sebelum anggota keluargamu atau kerabat di komunitasmu sakit, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat ( CDC), menyarankan untuk memeriksa keadaan orang-orang terdekatmu dan cari tahu apakah ada yang mereka butuhkan jika sakit. Mengumpulkan daftar nomor kontak darurat juga akan sangat membantu. 

Nomor tersebut termasuk penyedia layanan kesehatan, dinas kesehatan setempat, rumah sakit setempat, dan layanan ambulans. Menurut editor kepala dari buku terbitan American Academy of Pediatrics, "Caring for Your Baby and Young Child: Birth to Age 5 and The Wonder Years", Dr. Tanya Altmann, orangtua juga harus menyiapkan struktur di mana anak-anak dan pengasuhnya -jika ada, memahami peran dan harapan mereka. 

"Banyak orangtua akan sakit. Jadi, apa rencana yang telah disiapkan? Bagaimana cara isolasi mereka dan siapa yang akan menggantikan peran mereka sebagai orangtua?" kata Altmann, seperti dilansir CNN.  "Kita perlu tahu apa yang harus dilakukan agar kita tidak panik dan kesusahan jika salah satu orangtua dinyatakan terinfeksi." 

Baca Juga: Belum mereda, kasus infeksi virus corona di India meningkat menjadi 6,63 juta

Jika perencanaan ini belum dibuat ketika seseorang dinyatakan positif, lakukan perencanaan segera atau minta bantuan orang terdekat lainnya untuk membantu. Pastikan kamu selalu menerapkan standar kebersihan sebelum terjangkit Covid-19. Kebiasaan menerapkan standar kebersihan ini harus dilakukan secara otomatis dan rutin setiap hari untuk melindungi diri dari kuman, pilek dan flu. 

Selain rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari menyentuh area wajah dengan tangan kotor dan menjaga jarak, CDC juga mengingatkan untuk secara rutin membersihkan permukaan-permukaan dengan pembersih rumah, diikuti dengan disinfektan. 

Baca Juga: Cara mencegah penularan Covid-19 saat isolasi mandiri di rumah

Jangan lewatkan benda-benda yang sering dipegang, seperti gagang pintu, saklar lampu, dan lainnya. Selain itu, gunakan masker berlapis tiga jika meninggalkan rumah. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×