kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.710.000   20.000   0,74%
  • USD/IDR 17.876   93,00   0,52%
  • IDX 6.268   -97,49   -1,53%
  • KOMPAS100 822   -13,16   -1,58%
  • LQ45 626   -8,34   -1,31%
  • ISSI 217   -4,16   -1,89%
  • IDX30 351   -4,37   -1,23%
  • IDXHIDIV20 429   -5,35   -1,23%
  • IDX80 94   -1,42   -1,49%
  • IDXV30 118   -1,74   -1,46%
  • IDXQ30 112   -1,22   -1,08%

Diet Mediterania Efektif Mengatasi Asam Lambung Tinggi


Jumat, 03 Februari 2023 / 15:41 WIB
ILUSTRASI. Asam lambung


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita asam lambung wajib menjaga pola makan. Diet mediterania disebut efektif mengatasi asam lambung tinggi. 

Asam lambung tinggi merupakan kondisi makanan yang ada di dalam lambung naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini menimbulkan rasa mual, muntah, dan dada terasa terbakar.

Baca Juga: Minuman Tinggi Protein Ini Efektif Menurunkan Berat Badan  

para ahli kesehatan menyarankan penderita asam lambung untuk melakukan diet sehat dan seimbang. 

Mengutip dari Prevention., diet mediterania baik dan aman untuk penderita asam lambung. 

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di JAMA Otalaryngology-Head & Neck Surgery memeriksa data dari pasien dengan asam lambung naik dari kerongkongan ke tenggorokan. 

Dalam satu kelompok terdiri dari 85 pasien dirawat dengan obat tradisional dan 99 pasien lainnya menjalankan diet metditerania dan minum air alkali. Kedua kelompok tersebut menghindari makanan berlemak dan pedas serta alkohol. 

Pasca enam minggu, kelompok obat mengalami penurunan gejala asam lambung sekitar 27%, sedangkan kelompok diet mediternia mengalami penurunan sekitar 40%. 

"Pasien asam lambung akan mendapatkan banyak manfaat dengan memperbaiki pola makannya," kata Craig Zalvan, MD, kepala THT di The Institute for Voice and Swallowing Disorder di Rumah Sakit Phelps. 

Zalvan menambahkan setelah enam minggu, jika penderita merasa lebih baik bisa mulai mengenalkan kembali makanan pemicu asam lambung seperti kopi dan juga cokelat. 

"Diet mediterania bermanfaat bagi sebagian besar individo dan kami sangat mendukung di sini di Mayo Clinic," kata Mary Wirtz, RDN, ahli diet kesehatan di Mayo Clinic Healthy Living Program. 

Penelitian lain telah menemukan bahwa diet mediteranian juga dihubungkan dengan penurunan kematian akibat penyakit jantung, kanker, parkinson, dan alzheimer. 

Baca Juga: Aturan Konsumsi Temulawak untuk Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
KONTAN DIGITAL PREMIUM ACCESS
Kontan Academy
[Intensive Workshop] Business Dashboard, From Excel to Power BI Effective Warehouse Management

[X]
×