Daun Pepaya Bisa untuk Mengontrol Gula Darah, Ini 4 Manfaat Lainnya

Senin, 07 November 2022 | 05:25 WIB Sumber: Kompas.com
Daun Pepaya Bisa untuk Mengontrol Gula Darah, Ini 4 Manfaat Lainnya

ILUSTRASI. Pepaya terkenal memiliki segudang manfaat, terutama untuk saluran pencernaan. Termasuk daunnya.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang tak kenal buah pepaya? Buah manis berwarna jingga ini, terkenal memiliki segudang manfaat, terutama untuk saluran pencernaan. 

Bukan hanya bagian buahnya, manfaat daun pepaya bagi kesehatan juga tak kalah banyak. Inilah mengapa daun pepaya kerap digunakan sebagai obat tradisional meski rasanya pahit. 

Cara mengonsumsi daun pepaya beragam, mulai dari jus hingga olahan makanan seperti tumis. Namun, seperti dikutip Kompas.com, tulang daun pepaya mengandung getah yang menambah rasa pahit. 

Untuk itu, sebisa mungkin tidak meremasnya terlalu kuat. Selain itu, pilih juga daun pepaya muda yang memiliki rasa pahit lebih rendah. Daun muda ini biasanya berada di atas pohon. 

Lantas, apa saja manfaat daun pepaya? 

Berikut sejumlah manfaat daun pepaya bagi kesehatan: 

1. Memberikan efek antiinflamasi 

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah memberikan efek antiinflamasi atau anti-peradangan. Daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa anti-peradangan, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E. 

Sebuah studi pada 2008 menemukan, ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang mengalami radang sendi. Kendati begitu, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat daun pepaya untuk mengobati peradangan akut atau kronis pada manusia. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat

2. Menjaga kesehatan kulit 

Konsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda. Hal ini karena enzim papain yang bisa berperan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. 

Bukan hanya itu, enzim dalam daun pepaya ini juga bermanfaat mempercepat penyembuhan luka, termasuk meminimalkan jaringan parut pada kulit. 

Baca Juga: Cek Tanda Kolesterol Naik Bisa Dilihat pada Kaki, Simak Apa Saja

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru