kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat


Senin, 07 November 2022 / 05:05 WIB
Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali ciri-ciri diabetes pada wanita. Bersamaan itu, penting juga untuk mengetahui cara menurunkan gula darah secara alami tanpa obat-obatan.

Wanita memiliki ciri-ciri khusus diabetes. Oleh karena itu, para wanita perlu mengetahui ciri-ciri diabetes yang khas tersebut.

Mengetahui ciri-ciri diabetes pada wanita penting agar tidak terlambat dalam pengobatan. Pasalnya, sampai sejauh ini belum ada obat untuk menyembuhkan pasien diabetes.

Obat diabetes yang ada selama ini hanya untuk menurunkan dan mengendalikan gula darah. Selain dengan obat, cara menurunkan gula darah juga bisa dilakukan secara alami.

Mengutip Kompas.com, diabetes pada wanita adalah salah satu penyakit kronis yang perlu diwaspadai. Dilansir dari laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), wanita yang terkena diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan serangan jantung lebih parah ketimbang pria.

Selain itu, jika dibandingkan pria, wanita juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi seperti kebutaan, penyakit ginjal, dan kebutaan ketika terkena diabetes. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa ciri-ciri diabetes pada wanita.

Baca Juga: Tanda-Tanda Gula Darah Tinggi & Obat Alami Menyembuhkan Diabetes Tipe 2

Ciri-ciri diabetes pada wanita

Ada beberapa ciri-ciri diabetes pada wanita yang khas dan jarang dirasakan pengidap diabetes pria, antara lain:

Haid tidak normal

Ciri-ciri diabetes pada wanita yang khas pertama adalah haid tidak normal. Kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur menstruasi.

Penderita diabetes bisa mengalami haid yang lebih lama dibandingkan biasanya, haid yang lebih berat, atau siklus haid tidak teratur.

Sering infeksi saluran kencing

Ciri-cir diabetes pada wanita yang khas kedua adalah sering terkena penyakit infeksi saluran kencing. Kondisi ini disebabkan kadar gula darah tinggi menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi.

Selain itu, diabetes juga membuat kandung kemih susah kosong sampai tuntas. Hal itu rawan menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab infeksi saluran kencing.

Gairah seks menurun

Ciri-ciri diabetes pada wanita yang khas ketiga adalah penurunan gairah seks. Kadar gula darah tinggi menyebabkan vagina kering sehingga aktivitas berhubungan seks jadi nyeri dan tidak nyaman.

Selain itu, penyakit ini juga dapat merusak saraf dan mengurangi aliran darah ke area vital. Dampaknya, hubungan seks jadi kurang nikmat.

Ciri-ciri diabetes yang umum

Selain ciri-ciri diabetes pada wanita yang khas di atas, penderita biasanya juga merasakan beberapa tanda penyakit diabetes yang umum. Dilansir dari Women’s Health, berikut beberapa ciri-ciri diabetes yang umum:

  • Sering kencing, terutama di malam hari
  • Mudah haus, padahal sudah cukup minum
  • Napas bau tidak sedap
  • Pandangan kabur
  • Tangan dan kaki sering kesemutan
  • Gampang memar dan luka susah sembuh
  • Berat badan turun signifikan padahal pola diet atau olahraga tidak berubah
  • Mudah lelah padahal sudah cukup istirahat dan tidur
  • Leher hitam, atau bagian lipatan tubuh lainnya seperti ketiak lebih gelap
  • Sering gatal-gatal

Jika Anda mendapati ciri-ciri diabetes pada wanita ditambah gejala di atas, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan kadar gula darah. Penyakit ini paling akurat dideteksi lewat tes gula darah.

Cara menurunkan gula darah secara alami tanpa obat

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, jumlah gula darah di tubuh yang terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Makanya, penting bagi Anda untuk segera mencoba cara menurunkan gula darah, misalnya dengan bahan alami.

Jika Anda sudah memilih bahan alami mana yang Anda sukai, jangan lupa untuk tetap memperhatikan cara pengolahannya, ya. Mengolah bahan alami dengan cara yang tidak sehat justru bisa menghilangkan gizi dan nutrisinya.

Akibatnya, tubuh tak dapat menyerap nutrisi bahan alami secara maksimal sehingga kesehatan pun tetap terancam. Supaya efeknya lebih maksimal, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter tentang bahan alami pilihan Anda, ya.

Kale

Cara menurunkan gula darah secara alami yang pertama adalah konsumsi sayur kale. Mengutip dari Healthline (healthline.com), serat, antioksidan, dan senyawa lain dalam bahan alami itu cukup efektif mengurangi jumlah gula darah. Cobalah untuk mengonsumsi 7-14 g kale per hari.

Baca Juga: Bahan alami yang efektif mengobati asam urat

Alpukat

Cara menurunkan gula darah secara alami yang kedua adalah dengan makan alpukat. Serat, vitamin, mineral, dan jenis lemak yang Anda temukan dalam alpukat mampu mengontrol gula darah yang ada di tubuh Anda. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat alpukat itu.

Telur

Cara menurunkan gula darah secara alami tanpa obat

Cara menurunkan gula darah secara alami yang ketiga adalah konsumsi telur. Menurut penelitian, makan satu butir telur besar setiap hari bisa menurunkan gula darah hingga 4.4%. Kebiasaan yang sama juga berpengaruh pada sensitivitas insulin di tubuh Anda.

Oatmeal

Cara menurunkan gula darah secara alami yang keempat adalah konsumsi oatmeal. Healthline mengatakan bahwa pengaturan gula darah dalam tubuh bisa lebih baik apabila Anda makan oatmeal secara teratur. Selain itu, makan oatmeal juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Apel

Makan apel termasuk salah satu cara menurunkan gula darah yang layak Anda coba. bukan tanpa alasan, jenis buah itu memiliki jenis serat dan senyawa lain yang baik untuk mengontrol jumlah gula darah. Artinya, rutin makan apel bisa menurunkan risiko diabetes.

Kimchi

Cara menurunkan gula darah secara alami yang keenam adalah konsumsi kimchi. Kimchi adalah makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh karena bisa berperan sebagai penurun gula darah. Tidak hanya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, kimchi juga dipenuhi dengan probiotik yang bagus untuk kesehatan.

Itulah berbagai ciri-ciri diabetes pada wanita serta cara menurunkan gula darah secara alami tanpa obat-obatan. Segera hubungi dokter jika mengalami ciri-ciri diabetes di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×