Daun Kelor Bisa Jadi Obat Pelangsing, Ini Cara Mengonsumsinya

Sabtu, 26 November 2022 | 05:59 WIB Sumber: Kompas.com
Daun Kelor Bisa Jadi Obat Pelangsing, Ini Cara Mengonsumsinya

ILUSTRASI. Mengonsumsi daun kelor sudah dibuktikan dalam studi mampu menurunkan berat badan.


KONTAN.CO.ID - Banyak orang yang merasa kesulitan untuk olahraga dan diet. Apalagi berat badan mereka tidak kunjung turun juga. 

Jika hal itu terjadi, tak ada salahnya memilih mengonsumsi kelor yang sudah dibuktikan dalam studi mampu menurunkan berat badan. Kelor yang disebut juga moringa (Moringa oleifera) adalah jenis tanaman tropis yang dapat dikenali dari bentuk daunnya yang kecil. 

Tanaman ini mudah dijumpai pada tanah yang tidak selalu subur dan dikatakan peneliti memiliki khasiat yang mengagumkan, salah satunya untuk menurunkan berat badan. 

Hal tersebut diungkap oleh ahli diet terdaftar yang juga juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics asal Seattle, AS, Ginger Hultin, dikutip dari Live Strong. 

Nutrisi kelor 

Nama kelor sebenarnya tidaklah asing di telinga Indonesia karena daunnya dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol hingga mencegah diabetes. Nah, tanaman yang daunnya begitu populer ini mengandung vitamin dan mineral yang penting, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium, dan zat besi. 

Satu cangkir kelor yang sudah dicincang juga dikatakan peneliti mengandung 13 kalori dan 2 gram protein. 

Baca Juga: Daftar Minuman yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi, Ada Jus Delima

Kandungan tersebut masih ditambah sembilan asam amino esensial dan hampir seluruh bagian kelor sangat rendah kalori dan karbohidrat. Khusus untuk daun maupun biji kelor, studi mendapati temuan bahwa dua bagian dari tanaman ini mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan dan melawan malnutrisi. 

Hal tersebut terungkap dalam studi yang diterbitkan di International Journal of Food Science and Nutrition pada September tahun 2017. 

Kelor untuk menurunkan berat badan 

Orang yang sudah sekian lama berjuang menurunkan berat badan tentu bertanya-tanya bagaimana kelor dapat mewujudkan keinginan mereka. Nah, untuk yang satu ini, kelor dapat diambil daunnya karena bagian dari tanaman ini mengandung antioksidan yang disebut chlorogenic acid. 

Jenis antioksidan tersebut juga dapat ditemukan dalam kopi dan ekstrak biji kopi hijau. Chlorogenic acid baik untuk kesehatan karena mendukung program penurunan berat badan dengan cara menyeimbangkan gula darah. 

Menariknya, chlorogenic acid juga bertindak sebagai pembakar lemak -namun studi yang mengkaji manfaatnya bagi manusia masih terbatas. Manfaat daun kelor untuk menurunkan berat badan sebenarnya sempat dibuktikan peneliti setelah melakukan uji coba terhadap tikus. 

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru