kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar Minuman yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi, Ada Jus Delima


Sabtu, 26 November 2022 / 04:49 WIB
Daftar Minuman yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi, Ada Jus Delima
ILUSTRASI. Berbagai jenis minuman mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  Berbagai jenis minuman mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol atau mempertahankannya secara sehat. Contohnya antara lain minuman oat dan kedelai.

Kolesterol adalah zat lilin yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon. High-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL) adalah dua jenis kolesterol yang berbeda.

Ketika kadar kolesterol tidak sehat tinggi, hal itu secara otomatis meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang serius, seperti stroke atau serangan jantung.

Artikel ini membahas minuman yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. 

Lantas apa saja minuman yang bisa menurunkan kadar kolestrol Anda?

Berikut adalah jenis minuman yang dapat membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol Anda seperti yang dilansir dari Medical News Today dan Mayo Clinic:

1. Susu kedelai

Kedelai rendah lemak jenuh. Mengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau krimer dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan konsumsi 25 gram (g) per hari protein kedelai sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

Selain itu, lebih baik mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan olahan minimal dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.

Otoritas lain merekomendasikan untuk mengonsumsi 2–3 porsi makanan atau minuman berbahan dasar kedelai setiap hari, dengan satu porsi mewakili 250 mililiter (ml) susu kedelai.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan, Yuk Cek!

2. Minuman gandum

Oat mengandung beta-glukan, yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu, yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Tinjauan tahun 2018 menemukan bahwa minuman oat, seperti susu oat, dapat menawarkan pengurangan kolesterol yang lebih konsisten daripada produk oat semi-padat atau padat. Segelas susu gandum 250 ml dapat menyediakan 1 g beta-glukan.




TERBARU

[X]
×