kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari herbal sampai suplemen, begini cara bankir jaga imunitas di kala pandemi


Kamis, 03 Desember 2020 / 08:45 WIB
Dari herbal sampai suplemen, begini cara bankir jaga imunitas di kala pandemi


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi, asupan gizi dan vitamin yang cukup sangat penting untuk meningkatkan imun. Sebab, walau sudah berlangsung selama 9 bulan lebih penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia masih terus meningkat tajam. 

Ada banyak upaya yang bisa ditempuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Cara paling sederhana, tentu dengan menjaga pola makan, rutin berolahraga, dan meminum vitamin untuk melengkapi kebutuhan gizi harian. 

Cara ini dilakukan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank Syariah Bukopin (BSB) Evi Yulia Kurniawati. Dalam kesehariannya, salah satu vitamin yang rutin dikonsumsi adalah vitamin C, suplemen multivitamin serta madu murni. 

"Bukan cuma mengkonsumsi vitamin dan madu. Setiap pagi kami juga selalu minum kunir (kunyit)," katanya kepada Kontan.co.id, Rabu (2/12). 

Berdasarkan beberapa jurnal yang dibaca Evi, kunyit memang punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kunyit juga kaya akan vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium hingga minyak astari. Kandungan ini yang menurutnya sangat cocok untuk menjaga imunitas tubuh di kala pandemi. 

Baca Juga: Ini manfaat jahe merah sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

"Untuk malam hari, saya juga minum jahe dicampur dengan kencur dan jeruk," katanya.

Agar meminimalisir ketergantungan pada obat, Evi memang kerap memilih obat herbal untuk kebutuhan gizi harian. Terutama untuk anak kecil yang rentan terhadap beragam penyakit. Hal itu tentunya juga dibarengi dengan olahraga, pola makan sehat dan istirahat yang cukup. 

Hal serupa juga dilakukan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank Mayora Slamet Riyadi selama pandemi. Selain mematuhi protokol kesehatan, dia juga mengaku rajin mengkonsumsi suplemen atau vitamin dalam bentuk tablet. 

"Saya juga minum suplemen kesehatan untuk memenuhi asupan vitam C, D dan E yang diperlukan untuk meningkatkan imun tubuh," ungkapnya. 

Bukan tanpa alasan, menurut beberapa pengalaman pasien Covid-19 hingga jurnal yang dibaca Slamet, untuk mencegah bahkan mengobati virus corona memang diperlukan asupan vitam C, D dan E yang cukup. Adapun, dalam mengkonsumsi vitamin dan suplemen, Slamet tetap mematuhi anjuran kesehatan dari dokter. Seperti tidak mengkonsumsi dalam dosis tinggi atau berlebihan. 

Pasalnya, vitamin A,D,E, dan K merupakan vitamin larut lemak yang jika dikonsumsi berlebihan akan dapat menumpuk di dalam jaringan tubuh sehingga menjadi racun di dalam tubuh. Kondisi ini disebut hipervitaminosis. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Infused water anggur bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×