Dari Bahan Alami, Cek 7 Rekomendasi Obat Sariawan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dari Bahan Alami, Cek 7 Rekomendasi Obat Sariawan Ini

ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan bahan alami sebagai obat sariawan.


KONTAN.CO.ID - Sariawan bisa dialami siapa saja. Lokasi kemunculannya pun beragam. Anda bisa menderita sariawan di lidah, gusi, dan bagian dalam mulut yang lain. Biar bisa cepat sembuh, Anda perlu menggunakan obat sariawan.

Mengutip dari Med Life, penyebab sariawan yang utama adalah malnutrisi dan stres. Namun, tidak menutup kemungkinan sariawan terbentuk karena lidah atau dinding mulut tidak sengaja tergigit.

Sebenarnya, ada banyak obat sariawan di apotik yang bisa Anda pakai. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tidak hanya mudah didapat, bahan-bahan alami juga cukup aman untuk digunakan:

Minyak kelapa

Kandungan dalam minyak kelapa berperan sebagai antiinflamasi dan antimikroba. Dengan memakainya, rasa sakit akibat sariawan akan berkurang.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di atas sariawan lalu biarkan sampai kering. Untuk hasil maksimal, cobalah untuk memakainya sebelum tidur.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sariawan, lo

Santan

Cara mengatasi sariawan selanjutnya adalah dengan memakai santan. Cobalah untuk berkumur dengan santan sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari. Dengan melakukan hal itu, rasa sakit akan berkurang sehingga kondisi Anda menjadi lebih nyaman.

Minyak zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga cocok digunakan sebagai obat sariawan. Area mulut yang meradang dan terasa sakit bisa berkurang karena adanya eugenol dan antimikroba. Selain mengobati sariawan, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi, lo.

Untuk mengobati sariawan, Anda perlu berkumur dengan air hangat terlebih dahulu. Tujuannya agar permukaan sariawan bersih. Setelah itu, aplikasikan minyak zaitun secara langsung pada sariawan menggunakan kapas.

Air garam

Air garam adalah salah satu obat sariawan dewasa yang cukup efektif. Antiseptik yang terkandung dalam air garam berguna untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat sariawan. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur sejumput garam ke segelas air hangat. Setelah itu, gunakan air garam itu untuk berkumur. Jangan lupa untuk berkumur lagi dengan air biasa supaya rasa asin bisa hilang.

Anda bisa mengulangi langkah tersebut sebanyak beberapa kali dalam sehari supaya sariawan bisa cepat sembuh.

Es batu

Es batu bisa jadi obat sariawan.

Tahukah Anda bahwa es batu dapat digunakan untuk mengobati sariawan? Dingin yang keluar dari es batu bisa mengurangi rasa sakit yang muncul karena sariawan.

Anda hanya perlu mengulumnya atau membalut es batu dengan kain bersih kemudian gunakan untuk mengompres dari luar.

Baca Juga: Mudah Didapatkan! Ini Bahan Alami yang Efektif Mengobati Sariawan

Madu

Obat sariawan berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah madu. Antimikroba dalam madu tidak hanya mempercepat proses penyembuhan sariawan, tapi juga mampu mencegah infeksi.

Aplikasikan madu secara langsung pada sariawan lalu diamkan. Ulangi tiap beberapa jam sekali supaya sariawan bisa lebih cepat sembuh.

Anda tidak perlu khawatir karena madu yang tidak sengaja tertelan cukup aman. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan madu pada anak di bawah usia satu tahun, ya.

Bawang putih

Med Life menyebitkan, senyawa allisin dalam bawang putih berguna sebagai antimikroba sehingga sariawan bisa cepat sembuh.

Caranya, potong sebutir bawang putih jadi dua bagian lalu letakkan salah satu bagian pada sariawan selama satu hingga dua menit. Kemudian, kumur dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru