HOME

Daftar minuman penurun darah tinggi, harus dikonsumsi secara rutin

Senin, 03 Mei 2021 | 05:16 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar minuman penurun darah tinggi, harus dikonsumsi secara rutin

ILUSTRASI. Teh hijau. Daftar minuman penurun darah tinggi, harus dikonsumsi secara rutin

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang salah bisa menyebabkan darah tinggi. Sebelum tekanan darah semakin tinggi, Anda bisa menurunkan tanpa obat. Ada beragam minuman yang mampu menjadi penurun darah tinggi.

Minuman penurun darah tinggi penting dikenali sebagai bagian dari cara mengontrol hipertensi. Karena jika sudah hipertensi, pengobatannya harus minum obat seumur hidup.

Seperti diketahui, tekanan darah tinggi adalah kondisi yang tak boleh dibiarkan begitu saja. Tekanan darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Orang dewasa dapat didiagnosis menderita hipertensi atau darah tinggi jika memiliki tekanan darah 140/90 mmHg. Angka 140 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut sebagai tekanan sistolik. Sedangkan angka 90 berarti tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa atau kerap disebut sebagai tekanan diastolik.

Salah satu garis pertahanan pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah diet atau mengatur pola makan. Menerapkan diet ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat tanpa efek samping seperti yang dapat disebabkan oleh obat-obatan.

Baca juga: Tidak bisa disembuhkan, kenali penyebab dan gejala gagal ginjal

Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, beberapa jenis minuman juga dapat berfungsi sebagai penurun darah tinggi. Berikut ini adalah beragam minuman penurun darah tinggi yang dapat dipertimbangkan:

1. Jus tomat

Minuman penurun darah tinggi yang pertama adalah jus tomat. Melansir Health Line, bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam studi yang diterbitkan Jurnal Food Science & Nutrition pada 2019, peneliti dari Tokyo Medical and Dental University, Jepang dan Tucson Plant Breeding Institute mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari di antara partisipan dengan faktor risiko penyakit jantung. Para peneliti menyimpulkan bahwa jus tomat bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, termasuk kolesterol jahat atau kolesterol low-density lipoprotein (LDL).

Studi lainnya telah melaporkan hasil serupa di antara orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil. Untuk menghindari natrium yang tidak perlu, yang dapat berdampak sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membeli jus tomat tawar.

2. Jus bit

Minuman penurun darah tinggi yang kedua adalah jus bit. Sayuran berwarna-warni dan rendah kalori ini bukan hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa nabati yang bisa meningkatkan kesehatan, tapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension pada 2016 menemukan bahwa jus bit mentah dan matang sama-sama bisa menurunkan tekanan darah. Namun, jus bit mentah ditemukan bisa berdampak lebih besar pada tekanan darah. Bit kaya akan nitrat makanan, senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru