Daftar mineral dan vitamin penambah nafsu makan

Kamis, 12 November 2020 | 20:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Daftar mineral dan vitamin penambah nafsu makan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nafsu makan yang menurun bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari waktu istirahat yang kurang, stres, penyakit mental, atau kondisi fisik tertentu. Agar tak menimbulkan masalah kesehatan, Anda bisa mengonsumsi sumber mineral dan vitamin penambah nafsu makan berikut ini.

Zinc

Zinc merupakan salah satu jenis mineral yang memegang peranan penting dalam kesehatan tubuh Anda. Mineral itu berguna untuk metabolisme sel, mengobati luka, menjaga sistem imun tubuh, pembelahan sel, dan sistesis protein.

Tropical Oasis (tropicaloasis.com) mengatakan bahwa zinc juga dibutuhkan untuk efektivitas indra pencecap dan indra penciuman. Saat kebutuh zinc dalam tubuh terpenuhi, sistem imun tubuh akan terjaga dan berbagai macam jenis penyakit bisa diatasi.

Ketika tubuh tak memiliki zinc yang cukup, sistem imun tubuh Anda akan terganggu. Begitu pula dengan nafsu makan Anda. Jika Anda merasa bahwa nafsu makan menurun, cobalah untuk minum suplemen zinc tambahan.

Baca Juga: Wow! Ini manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan tubuh Anda

Selain suplemen, ada sumber makanan lain yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari daging, kerang, kacang, biji-bijian, selai kacang, telur, produk olahan susu, kentang, dan jenis sayuran yang lain.

Vitamin B1

Vitamin B1 atau thiamine adalah salah satu vitamin penambah nafsu makan yang perlu Anda perhatikan. Mengutip dari Tropical Oasis, ada beberapa dampak yang dirasakan tubuh ketika kekurangan vitamin B1.

Beberapa dampak yang dimaksud adalah nafsu makan berkurang, berat badan turun, kebingungan, atau masalah pada sistem saraf lainnya. Artinya, mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin B1 penting untuk dilakukan.

Meski demikian, jenis vitamin B kompleks lainnya juga tak boleh Anda lewatkan karena memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, vitamin B2 berperan sebagai antioksidan, vitamin B7 berfungsi untuk metabolisme lemak dan karbohidrat, serta vitamin B9 yang berguna untuk metabolisme asam lemak.

Baca Juga: Ingin gemuk? Makanan penambah berat badan inilah jawabannya

Minyak Ikan

Selain mineral dan vitamin penambah nafsu makan di atas, minyak ikan juga bisa digunakan untuk menambah nafsu makan Anda. Tropical Oasis mengatakan, kegunaan minyak ikan itu berasal dari asam lemak omega-3, DHA, dan EPA.

Ada beberapa sumber makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3, misalnya salmon, tuna, atau ikan kembung. Jika Anda adalah seorang vegetarian, Anda bisa mengonsumsi minyak sayur, suplemen minyak ikan, atau kacang dan biji-bijian yang mengandung banyak asam lemak omega-3.

Selanjutnya: Ini makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan Demam Berdarah Dengue (DBD)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru