kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar Makanan yang Baik Buat Kulit dan Ciri-Ciri Kulit yang Sehat


Rabu, 19 Juli 2023 / 14:16 WIB
Daftar Makanan yang Baik Buat Kulit dan Ciri-Ciri Kulit yang Sehat
ILUSTRASI. Daftar Makanan yang Baik Buat Kulit dan Ciri-Ciri Kulit yang Sehat.


Penulis: Tiyas Septiana

Makanan yang Baik Buat Kulit -  Kulit wajah yang sehat alami tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain dengan perawatan, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan mengatur pola makan.

Melansir dari situs Insitut Pertanian Bogor (IPB University), kulit adalah organ terbesar dan berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari berbagai gangguan. 

Organ ini merupakan garda pertama untuk menangkal berbagai infeksi bakteri, gesekan, radiasi, bahkan dehidrasi. 

Masalah kulit biasa timbul disebabkan oleh beberapa perubahan hormon pada tubuh. Estrogen disebut sebagai salah satu hormon yang memainkan banyak peranan penting dalam tubuh. 

Baca Juga: Daftar Buah yang Bisa Turunkan Hipertensi dan Bantu Jaga Tensi Tetap Normal

Level estrogen di dalam tubuh dapat mempengaruhi kondisi kulit secara langsung, mulai dari produksi elastin, dan kolagen. Hormon estrogen juga berkontribusi dalam menjaga kelembaban kulit dan elastisitasnya.

Dr Rina Martini, Ketua Program Studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi (MIJMG) Sekolah Vokasi IPB University, dalam webinar bertema “Pemanfaatan Pangan Lokal untuk Kesehatan Kulit”, menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan bagian dari integrasi mata kuliah Metode dan Teknik Pendidikan Gizi (MTPG). 

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk pengabdian kepada  masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan tim dosen mata kuliah MTPG.

“Pelaksanaan webinar ini merupakan salah satu capaian pembelajaran mahasiswa, bagaimana mahasiswa mampu menyampaikan materi yang sesuai dengan kompetensi keilmuannya, khususnya di bidang ilmu gizi,” katanya.

Cara menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

Dr Rina Martini menjelaskan jika asupan pangan lokal, lingkungan sekitar, kebiasaan makan akan sangat berpengaruh dalam pemilihan pola makan gizi seimbang. 

Bahkan ha-hal tersebut dapat menentukan tingkat status gizi seseorang, khususnya berkaitan dengan kesehatan kulit.

Rindra Prameswari Sampadha Putri, STRGZ menambahkan, kulit cantik dan sehat itu tidak harus selalu kulit yang putih. Ciri-ciri kulit sehat yang sesungguhnya diantaranya: 

  • Bersih (bebas jerawat, flek hitam, dan komedo)
  • Lembab dan kenyal tanpa keriput halus
  • Halus dan tidak bersisik
  • Bebas selulit
  • Warna kulit cerah alami dan merata

Ia menyebut, cara untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat adalah mengatasi masalah kulit yang ada dengan melawan dan waspada terhadap radikal bebas seperti polutan udara, radiasi, zat-zat kimia karsinogenik, asap rokok, bakteri, dan virus. 

Salah satu dampak radikal bebas yang ditimbulkan yaitu penuaan kulit, kanker dan kerusakan jaringan tubuh. 

Cara alami untuk mengatasi radikal bebas adalah dengan memanfaatkan antioksidan yang dapat ditemukan dalam makanan dan produk perawatan kulit. 

"Selain itu, perlu juga untuk menerapkan konsep empat pilar gizi seimbang yang terdiri dari mengkonsumsi makanan beragam, perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik, dan menjaga berat badan ideal,” pungkasnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Makanan yang baik untuk kesehatan kulit

Sementara itu Annisa Rizkiriani, mengenalkan serta menjelaskan tentang struktur anatomi kulit dan masing-masing fungsinya. 

Ia menjelaskan tetang cara merawat kesehatan kulit yaitu dengan merawatnya dari luar, merawatnya dari dalam, dan pentingnya mengontrol emosi dan pikiran. 

Perawatan kulit dari dalam dapat dilakukan dengan minum cukup air dan mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 450 gram sehari. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan kulit adalah tomat. 

“Tomat merupakan pangan lokal yang mengandung hampir semua zat gizi yang diperlukan kulit, mudah didapat, mudah diolah, dan murah harganya,” kata Annisa.

Dalam 100 gram tomat mengandung likopen (antioksidan) yang dapat melindungi kulit dari paparan ultraviolet, mencegah aging, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, serta menghambat kerusakan kolagen yang dapat menyebabkan kulit kering dan keriput. 

Contoh hidangan olahan tomat yang mudah dan sederhana untuk dihidangkan adalah jus tomat dan tumis telur orak-arik tomat.

Sayuran yang direkomendasikan untuk kesehatan kulit adalah bayam. Bayam mengandung banyak antioksidan, vitamin C, K, dan zat besi, pangan lokal yang mudah didapat, mudah diolah, dan murah harganya. 

Bayam sebanyak 100 gram mengandung lutein dan zeaxanthin (antioksidan) yang baik untuk melindungi mata dan kulit dari paparan ultraviolet sehingga mencegah aging, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, menghambat kerusakan kolagen yang menyebabkan kulit kering dan keriput. 

"Contoh hidangan dari sayur bayam adalah sayur bening bayam dan egg spinach mozzarella (omelet bayam),” pungkas Annisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×