Daftar makanan untuk penderita asam lambung ini aman dikonsumsi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Daftar makanan untuk penderita asam lambung ini aman dikonsumsi

ILUSTRASI. Oatmeal termasuk makanan untuk penderita asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung yang terlalu tinggi dapat menyebabkan sakit perut, mual, heartburn, dan kondisi yang lain. Salah satu cara mengatasinya yang efektif adalah mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung.

Anda perlu mengetahui dulu faktor apa saja yang dapat memicu asam lambung. Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda-beda. Namun, beberapa hal yang umumnya memicu asam lambung adalah jenis makanan yang Anda konsumsi, waktu makan, dan kebiasaan makan yang lain.

Sebaiknya, hindari faktor-faktor yang memicu asam lambung. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi beberapa jenis bahan alami ini secara teratur. Jangan lupa juga untuk tetap mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter supaya kesehatan Anda tetap terpantau.

Oatmeal

Mengutip dari Healthline (healhtline.com), mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat bisa menurunkan asam lambung. Salah satu jenis makanan tersebut adalah oatmeal. Cobalah untuk mengonsumsi oatmeal saat sarapan supaya asam lambung naik tak menimbulkan masalah.

Baca Juga: Anda sering kelelahan? Asam lambung bisa jadi penyebab, lo

Putih Telur

Putih telur termasuk salah satu makanan untuk penderita asam lambung. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsinya bersama dengan kuning telur, ya. Kuning telur mengandung banyak lemak yang justru bisa memperparah asam lambung Anda.

Jahe

Jahe termasuk makanan untuk penderita asam lambung.

Selanjutnya, jahe juga bisa jadi makanan untuk penderita asam lambung untuk Anda coba. Antiinflamasi yang terkandung dalam jenis rempah itu mampu meredakan heartburn dan masalah sistem pencernaan yang lain. Campurkan jahe pada makanan dan minuman lain yang sedang Anda konsumsi.

Baca Juga: Mulai dari jahe hingga teh, coba 6 obat maag alami ini

Lemak Sehat

Healthline menyebutkan bahwa makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat baik untuk kondisi lambung Anda. Ada banyak jenis makanan yang mengandung nutrisi itu. Mulai dari alpukat, minyak zaitun, minyak wijen, minyak bunga matahari, dan lain sebagainya.

Selain mengonsumsi makanan yang memiliki banyak lemak sehat, pastikan Anda menghindari makanan yang mengandung jenis lemak lain, ya. Misalnya, lemak trans dan lemak jenuh karena jenis lemak itu dapat memperparah kondisi lambung Anda.

Sayuran

Brokoli dan sayuran hijau lain termasuk makanan untuk penderita asam lambung.

Penderita asam lambung sebaiknya banyak mengonsumsi sayuran. Mulai dari brokoli, kembang kol, asparagus, dan sayuran hijau yang lain. Bukan tanpa alasan, mayoritas sayuran yang Anda konsumsi memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah sehingga bisa menjaga kondisi lambung Anda.

Selanjutnya: Kadar asam urat tinggi, coba obati dengan 12 cara alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru