kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar bahan alami yang cocok jadi obat hidung tersumbat


Selasa, 14 Desember 2021 / 12:59 WIB
Daftar bahan alami yang cocok jadi obat hidung tersumbat
ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami dapat Anda gunakan sebagai obat hidung tersumbat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidung tersumbat, entah karena flu, alergi, atau faktor lain, bisa membuat Anda tak nyaman. Anda memerlukan obat hidung tersumbat supaya kondisinya tak semakin parah. Tak perlu bingung, ada banyak bahan alami yang bisa Anda coba.

Inflamasi pada rongga hidung menyebabkan penumpukan lendir yang terlalu banyak di saluran pernapasan Anda. Ada banyak faktor yang menyebabkan inflamasi tersebut. Mulai dari reaksi alergi, infeksi flu, atau sinusitis.

Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah untuk ditemukan. Misalnya, cuka apel, bawang putih, dan lain-lain.

Bawang Merah

Selain bawang putih, obat hidung tersumbat juga bisa terbuat dari bawang merah. Kandungan vitamin dan mineral dalam bawang merah berguna untuk mengatasi penyumbatan. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Cukup hirup aroma bawang merah yang sudah dikupas selama lima menit.

Baca Juga: 5 Obat sakit kepala ini bisa beri hasil efektif, apa saja?

Bawang Putih

Pakai bawang putih sebagai obat hidung tersumbat.

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengatasi hidung tersumbat. Caranya, rebus dua hingga tiga siung bawang putih. Minum air rebusan itu minimal dua kali dalam sehari supaya hidung tak lagi tersumbat.

Lemon

Obat hidung tersumbat lainnya bisa Anda dapat dengan memanfaatkan lemon. Campurkan 2 sdm air lemon dengan ½ sdt lada hitam dan sejumput garam. Gunakan campuran itu pada hidung. Setelah beberapa menit, hidung Anda akan terasa lebih lega.

Teh

Menurut sebuah penelitian, minum teh hangat bisa meredakan hidung tersumbat. Tidak hanya itu, minum teh pun efektif mengembalikan cita rasa yang sempat hilang karena infeksi flu. Teh pun efektif menghidrasi sehingga tubuh lebih mudah melawan penyakit.

Baca Juga: Catat! Ini 6 gejala flu yang paling umum muncul

Jus Tomat

Jus tomat adalah salah satu obat hidung tersumbat.

Bahan alami selanjutnya yang efektif mengatasi hidung tersumbat adalah jus tomat. Kandungan dalam tomat berguna untuk meredakan inflamasi pada saluran pernapasan dan membuka sinus Anda.

Caranya, campur 1 sdm bawang putih dan 1 sdt garam dalam segelas jus tomat. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, minum campuran itu minimal dua kali dalam sehari.

Cuka Apel

NDTV Food merekomendasikan cuka apel sebagai bahan alami selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain mengatasi hidung tersumbat secara efektif, bahan alami tersebut juga mampu mengatasi sinusitis, lo.

Cara yang Anda lakukan pun sederhana. Pertama, campurkan 2 sdt cuka apel ke segelas air hangat. Minum campuran itu minimal tiga kali dalam sehari supaya efeknya terasa lebih cepat. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu supaya rasanya menjadi lebih lezat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×