kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 9 Makanan Sehat untuk Kesehatan Lambung, Ada Serat hingga Protein


Kamis, 21 September 2023 / 12:45 WIB
Daftar 9 Makanan Sehat untuk Kesehatan Lambung, Ada Serat hingga Protein
ILUSTRASI. Daftar 9 Makanan Sehat untuk Kesehatan Lambung, Ada Serat hingga Protein


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Sehat untuk Lambung - JAKARTA. Simak daftar makanan sehat untuk kesehatan lambung yang mudah dikonsumsi. Konsumsi makanan sehat dan ramah pencernaan perlu dibiasakan sejak dini.

Makanan yang baik untuk kesehatan lambung tentu berkaitan dengan makanan yang tidak menyebabkan iritasi, peradangan, atau masalah pencernaan.

Ini termasuk makanan yang dapat membantu melindungi lapisan lambung, mengurangi risiko penyakit lambung, dan mempromosikan pencernaan yang sehat.

Sejak Anda memasukkan makanan ke dalam mulut, sistem pencernaan Anda tentu akan bekerja keras.

Ilustrasi Asam Lambung

Baca Juga: 7 Gejala Asam Lambung Naik yang Jarang Diketahui, Sudah Tahu?

Anggap saja sebagai balet yang dikoreografikan di mana tubuh melakukan banyak langkah yang diperlukan untuk memecah makanan yang dimakan dan membuka vitamin, mineral, kalori, lemak, karbohidrat, dan protein yang dibutuhkan.

Kemudian secara efisien membersihkan apa yang tersisa dan mengirimkannya keluar dari tubuh.

Anda mungkin tidak memikirkan mekanisme rumit seperti itu sampai terjadi kesalahan. Untungnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari masalah seperti kram, kembung, sembelit, dan diare.

Salah satu tips kesehatan pencernaan yang paling mudah adalah mengisi bahan bakar dengan makanan yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga: Minuman Terbaik yang Bisa Bekerja sebagai Obat Asam Lambung

Makanan sehat untuk kesehatan lambung

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan lambung dilansir dari Everyday Health.

1. Sayuran dan Buah-buahan Segar

Sayuran non-asam seperti brokoli, kentang, wortel, labu, dan bayam dapat membantu mengurangi iritasi lambung. Buah-buahan seperti pisang, apel, pear, dan melon juga mudah dicerna dan baik untuk lambung.

2. Makanan berserat

Serat larut seperti yang terdapat dalam oatmeal, biji-bijian, dan buah-buahan membantu mencegah sembelit dan mendukung pencernaan yang sehat.

3. Produk Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak, yogurt, dan kefir rendah lemak mengandung protein yang baik dan dapat membantu melindungi lapisan lambung.

4. Makanan Rendah Lemak

Hindari makanan tinggi lemak yang bisa membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencerna. Pilih makanan rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan, dan produk susu rendah lemak.

5. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras coklat, quinoa, dan roti gandum utuh mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan dapat membantu menjaga kesehatan lambung.

6. Protein Sehat

Protein sehat seperti ikan, ayam tanpa kulit, dan kedelai adalah pilihan baik untuk memenuhi kebutuhan protein tanpa memberikan tekanan berlebih pada lambung.

7. Rempah-rempah

Selain itu, konsumsi minuman yang mengandung jahe, mint, dan licorice adalah contoh herba dan rempah-rempah yang bisa membantu meredakan gejala lambung.

8. Konsumsi Air Putih

Pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari untuk menjaga lambung tetap terhidrasi dan membantu dalam pencernaan.

9. Makanan Rendah Asam

Batasi makanan tinggi asam seperti jeruk, tomat, makanan pedas, dan minuman berkafein yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

Anda perlu menjaga pola makan sehat yang tidak memiliki menu seperti asam maupun pedas yang berlebihan.

Ingatlah bahwa setiap orang dapat memiliki toleransi makanan yang berbeda tergantung pada kondisi kesehatan, jadi selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki masalah lambung atau kondisi kesehatan terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×