kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Singkong yang Kaya Serat dan Protein, Bisa Mengontrol Berat Badan


Minggu, 28 Mei 2023 / 11:10 WIB
6 Manfaat Singkong yang Kaya Serat dan Protein, Bisa Mengontrol Berat Badan


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Singkong kaya nutrisi dan bisa menjadi pengganti makanan pokok. Ini 6 manfaat singkong untuk kesehatan, salah satunya mengontrol berat badan.

Singkong, bahan makanan yang populer di tanah air. Selain direbus, singkong biasanya diolah menjadi keripik atau menu makanan lainnya. 

Baca Juga: 5 Titik Akupresur Ini Efektif Mengobati Insomnia

Baca Juga: Tak Hanya Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Diet DASH untuk Kesehatan

Singkong kaya akan mineral dan vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

Mengutip dari Verywell Fit, dalam secangkir singkong mentah (103 gram) mengandung: 

  • Kalori 165 
  • Lemak 0,3 gram 
  • Serat 1,9 gram 
  • Gula 1,8 gram 
  • Protein 1,4 gram
  • Sodium 
  • Vitamin C 
  • Vitamin A
  • Vitamin B 
  • Magnesium 
  • Seng 
  • Selenium 
  • Kalsium 

Manfaat singkong 

Singkong yang dikonsumsi secara rutin memberikan banyak manfaat untuk kesehatan seperti: 

1. Menurunkan risiko sindrom metabolik 

Sindrom metabolik adalah kombinasi penanda kesehatan yang menunjukkan risiko diabetes dan penyakit jantung yang lebih tinggi. 

Kandungan flavonoid yang tinggi dan serat pada singkong bisa melindungi tubuh dari perkembangan sindrom metabolik dan komplikasi terkait. 

2. Mempercepat penyembuhan luka 

Singkong kaya akan vitamin C. Dalam satu cangkir singkong mengandung sekitar 42,4 miligram vitamin C. 

Vitamin C adalah prekursor penting untuk kolagen, komponen struktural dalam jaringan kulit. 

Asupan vitamin C yang cukup membuat tubuh mampu untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

3. Menurunkan tekanan darah 

Singkong mengandung potasium tinggi. Dalam secangkir singkong mengandung 558 miligram potasium. 

Kalium menurunkan tingkat tekanan darah dan membantu menyeimbangkan asupan natrium yang meningkatkan tekanan darah. 

4. Mengontrol berat badan 

Walaupun memiliki kalori tinggi, singkong mengandung serat dan pati resisten yang meningkatkan perkembangan bakteri baik di usus. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat dari umbi-umbian mengurangi keinginan untuk makan makanan asin, manis, dan tinggi lemak. 

Serat dalam singkong juga memberikan dampak positif pada mikrobioma usus, meningkatkan rasa kenyang. 

5. Mencegah malnutrisi 

Mengutip dari Kompas.com, singkong bermanfaat mencegah malnurisi karena bisa menjadi pengganti makanan pokok. 

6. Mencegah kanker hati 

Singkong merupakan sumber magnesium yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut membuat singkong bermanfaat membantu mencegah kanker hati. 

Hasil sebuah investigasi menunjukkan bahwa mengonsumsi kadar magnesium yang lebih tinggi bisa mengurangi risiko kanker hati. 

Baca Juga: 7 Manfaat Jambu Air Merah yang Kaya Vitamin C

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×