Tips Sehat

Daftar 5 makanan yang mengandung zat besi, apa saja?

Jumat, 19 Maret 2021 | 17:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Daftar 5 makanan yang mengandung zat besi, apa saja?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh yang kekurangan zat bisa bisa menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satunya adalah anemia karena zat besi bertugas untuk membentuk hemoglobin. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara rutin.

Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi, distribusi oksigen ke seluruh jaringan tubuh menjadi tercukupi. Artinya, berbagai macam gejala anemia, seperti sakit kepala atau kulit yang terlihat pucat, tidak Anda alami.

Ada banyak jenis makanan yang memiliki banyak zat besi, baik dari sumber makana hewani ataupun nabati. Pilihlah makanan yang Anda suka. Namun, pastikan untuk mengolahnya secara sehat agar manfaatnya tidak berkurang.

Kentang

Mengutip dari Cooking Light (cookinglight.com), mengonsumsi kentang berukuran sedang mampu memenuhi 10% kebutuhan zat besi harian. Anda bisa mencampur kentang dengan makanan bergizi lain, misalnya kentang atau daging.

Baca Juga: Bisa mencegah anemia, ini 4 manfaat daun kelor untuk kesehatan

Cokelat Hitam

Jika Anda mencari makanan yang mengandung zat besi, cokelat hitam bisa Anda jadikan pilihan. Kebutuhan zat besi harian Anda bisa terpenuhi sekitar 67% dengan mengonsumsi 100 g cokelat hitam. Usahakan untuk tidak menambah pemanis buatan agar efeknya semakin optimal.

Tahu

Tahu adalah salah satu makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai. Setengah gelas tahu mampu memenuhi kebutuhan zat besi harian hingga 36%. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi tahu secara rutin.

Mulai dari meningkatkan reproduksi sel kulit, mencegah rambut rontok, menurunkan risiko diabetes serta osteoporosi, dan lain sebagainya. Anda bisa mengolah tahu menjadi berbagai macam jenis makanan yang Anda sukai.

Baca Juga: Cegah anemia dengan 5 makanan penambah hemoglobin ini

Kerang

Mengonsumsi kerang bisa jadi salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi. Supaya tubuh bisa menyerap zat besi secara lebih optimal, cobalah untuk mengkombinasikan kerang dengan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti tomat.

Kacang Mete

Kacang mete termasuk salah satu makanan yang mengandung zat besi.

Apakah Anda menyukai kacang mete? Ternyata, kacang mete termasuk salah satu makanan yang mengandung zat besi, lo. Cooking Light menyebutkan bahwa mengonsumsi 1 ons kacang mete bisa memenuhi 10% kebutuhan zat besi harian.

Anda bisa mengonsumsi kacang mete sebagai camilan. Selain itu, Anda juga dapat mengolahnya menjadi selai. Konsumsi selai kacang bersama oatmeal atau sayuran yang bergizi untuk tubuh Anda. Meski demikian, pastikan untuk tidak mengonsumsi kacang mete secara berlebihan agar tidak ada efek samping yang muncul.

Selanjutnya: 5 Gejala anemia yang bisa Anda alami, bukan cuma gelisah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru