kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa mencegah anemia, ini 4 manfaat daun kelor untuk kesehatan


Sabtu, 27 Februari 2021 / 15:05 WIB
Bisa mencegah anemia, ini 4 manfaat daun kelor untuk kesehatan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun kelor berasal dari berbagai macam nutrisi, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengonsumsi bahan alami itu.

Mulai dari menggunakannya langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Mengutip dari Thailand Medical News, Anda bisa mendapat 150 mg kalsium, 2 mg zat besi, dan 3 g protein dari mengonsumsi 10 g daun kelor. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut bisa terpenuhi.

Tidak berhenti sampai di situ, daun kelor pun memiliki banyak antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi yang menjaga tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi daun kelor.

Menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh

Mengonsumsi daun kelor dapat menghindarkan tubuh Anda dari lonjakan jumlah gula darah setelah makan. Saat jumlah gula darah dalam tubuh lebih terkontrol, mood atau perasaan Anda menjadi lebih baik dan risiko diabetes atau penyakit jantung bisa berkurang.

Antioksidan dalam daun kelor pun dapat menjaga ginjal retina dari kerusakan akibat diabetes. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan tikus percobaan yang menderita diabetes.

Jika Anda ingin mendapat manfaat yang sama, cobalah untuk rutin mengonsumsi daun kelor.

Baca Juga: 4 Obat herbal untuk diabetes melitus yang bahannya mudah didapatkan

Mencegah infeksi

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah mencegah virus, bakteri, dan jamur menginfeksi tubuh Anda. Beberapa jenis infeksi yang dimaksud adalah keracunan makanan, penyakit herpes, penyakit HIV, atau infeksi bakteri pada sistem pencernaan.

Kandungan antibakteri dalam daun kelor juga bisa mengatasi serangan bakteri penyebab jerawat, lo. Anda bisa memakai minyak yang terbuat dari daun kelor pada kulit secara langsung.

Namun, jangan lupa untuk meminta saran dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Mengatatasi anemia

Salah satu manfaat daun kelor adalah mengatasi anemia.

Manfaat daun kelor lainnya juga bisa dirasakan oleh penderita anemia atau kurang darah. Bahan alami tersebut mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi sehingga jumlah sel darah merah bisa terkontrol.

Dengan begitu, gejala anemia, seperti pusing dan konsentrasi yang mudah hilang, bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: 3 Manfaat oyong untuk kesehatan tubuh Anda

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Daun kelor pun dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut secara keseluruhan. Thailand Medical News menyebutkan, kandungan vitamin dan mineral dalam daun kelor dapat melembabkan kulit secara maksimal.

Selain itu, daun kelor juga mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kemunculan tanda penuaan seperti kerutan bisa dicegah.

Selanjutnya: Daun kacapiring efektif mengobati diabetes melitus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×