Covid-19 semakin parah saat tubuh kekurangan vitamin

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Covid-19 semakin parah saat tubuh kekurangan vitamin

ILUSTRASI. Tubuh yang kekurangan vitamin D dan vitamin B12 bisa mengalami gejala COvid-19 yang lebih serius. REUTERS/Eloisa Lopez

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain beberapa jenis penyakit yang Anda miliki, seperti diabetes atau hipertensi, tubuh yang kekurangan vitamin juga berpotensi memperparah efek Covid-19. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan nutrisi tubuh Anda.

Melansir Pharmeasy (pharmeasy.in), ada hubungan antara jumlah vitamin D dalam tubuh yang rendah dengan semakin parahnya Covid-19. Tidak ada banyak makanan dan minuman yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh Anda.

Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D adalah berjemur di bawah sinar matahari. Nah, vitamin D berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi, jika Anda kekurangan vitamin itu, sistem imun tubuh Anda semakin lemah saat terinfeksi Virus Corona.

Baca Juga: Waspada, Anda bisa tertular virus corona di tempat-tempat ini

Serupa dengan vitamin D, tubuh yang kekurangan vitamin B12 juga lebih rentan mengalami gejala Covid-19 yang lebih parah. Keberadaan vitamin B12 dalam tubuh akan menyatu dengan virus sehingga pertumbuhan dan perkembangan virus dalam tubuh bisa melambat.

Tidak hanya itu, kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan gangguan yang lain, misalnya gangguan pada sistem saraf dan anemia. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dan vitamin B12, Pharmeasy merekomendasikan beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi.

Baca Juga: Waspada, hal ini bisa tingkatkan risiko kematian Covid-19

Telur, keju, dan lemak ikan bisa jadi beberapa jenis makanan yang membantu Anda memenuhi jumlah vitamin D. Sedangkan vitamin B12 bisa Anda dapat dari mengonsumsi daging sapi atau ikan. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin D dan vitamin B12 dalam bentuk suplemen.

Selain memenuhi nutrisi tubuh, masih ada hal lain yang perlu Anda lakukan. Pertama, usahakan untuk tidak menunda jadwal vaksinasi. Kedua, selalu lakukan protokol kesehatan secara disiplin. Mulai dari menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker, dan menjaga kebersihan tangan.

Selanjutnya: Risiko kematian Covid-19 bisa meningkat karena hal ini, waspada!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru