Cocok jadi obat jerawat, inilah manfaat kopi untuk wajah

Senin, 21 Desember 2020 | 13:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cocok jadi obat jerawat, inilah manfaat kopi untuk wajah

ILUSTRASI. Salah satu manfaat kopi untuk wajah adalah mengobati jerawat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat kopi untuk wajah tidak boleh Anda abaikan. Kandungan antioksidan dan nutrisi dalam kopi berguna untuk mengobati jerawat, meningkatkan aliran darah, menyeimbangkan pH kulit, dan lain sebagainya.

Berguna untuk Eksfoliasi

Karena tidak larut dalam air, ampas kopi cukup efektif untuk membersihkan sel kulit mati yang ada di kulit. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), kopi mengandung asam caffeic dan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan produksi kolagen.

Asam caffeic juga berguna sebagai antimikroba sehingga kesehatan kulit bisa terjaga. Untuk menggunakan kopi sebagai eksfoliator, campurkan ¼ gelas ampas kopi dengan ¼ gelas brown sugar dan sedikit air lemon. Gosokkan campuran itu pada kulit sehari sekali.

Mengatasi Puffy Eyes

Manfaat kopi untuk wajah juga berguna untuk mengatasi puffy eyes atau mata bengkak. Kafein dalam kopi berfungsi untuk melancarkan aliran darah sehingga kulit terasa lebih kencang secara alami. Dengan begitu, kemunculan puffy eyes pun bisa berkurang.

Baca Juga: Tidak boleh Anda lewatkan, ini 3 manfaat masker kopi terbaik

Tak hanya kafein, peradangan di sekitar mata juga bisa teratasi karena adanya asam klorogenat. Anda bisa mengatasi puffy eyes dengan memakai campuran ampas kopi halus dan air. Gunakan campuran yang sudah berbentuk pasta di sekitar mata.

Pelindung Sinar Matahari

Medical News Today mengatakan bahwa polifenol dalam kopi bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa melindungi kulit Anda dari efek paparan sinar matahari. Tak hanya itu, tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit bisa Anda cegah dengan kopi.

Sebuah penelitian yang melibatkan wanita Jepang berusia 30 hingga 60 tahun membuktikan hal itu. Mereka yang mendapat polifenol lebih tinggi memiliki bintik hitam akibat sinar UV lebih sedikit. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hasil tersebut.

Baca Juga: Mengangkat sel kulit mati, inilah manfaat masker kopi yang bisa Anda dapat

Mengobati Jerawat

Selain beberapa hal di atas, manfaat kopi untuk wajah juga berguna untuk mengobati jerawat. Hal itu disebabkan karena adanya antioksidan, asam klorogenat, dan stimulan dalam kopi. Kandungan-kandungan itu mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Pori-pori kulit bisa tersumbat oleh banyak hal, seperti sel kulit mati atau minyak berlebih. Jerawat muncul di kulit ketika ada bakteri yang berkontaminasi dengan kotoran yang menyumbat pori-pori. Dengan menggosok wajah memakai ampas kopi, masalah tersebut bisa Anda atasi.

Selanjutnya: 4 Makanan penyebab jerawat ini perlu Anda hindari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru