kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Makanan penyebab jerawat ini perlu Anda hindari


Senin, 14 Desember 2020 / 10:26 WIB
4 Makanan penyebab jerawat ini perlu Anda hindari


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu. Salah satunya adalah makanan penyebab jerawat. Mulai dari makanan dan minuman manis, produk olahan susu, makanan cepat saji, dan cokelat.

Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis memang terasa lezat, tapi hal itu tak baik untuk kesehatan kulit karena dapat menimbulkan jerawat. Mengutip dari Healthline (healthline.com), orang-orang yang gemar mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko berjerawat hingga 30%.

Sedangkan orang-orang yang sering makan kue memiliki risiko jerawat sebanyak 20%. Saat tubuh menyerap terlalu banyak gula, produksi insulin meningkat. Peningkatan tersebut juga berpengaruh pada hormon androgen yang berkaitan dengan produksi sebum.

Produk Olahan Susu

Makanan penyebab jerawat selanjutnya yang perlu dihindari adalah produk olahan susu. Sama seperti makanan dan minuman manis, susu juga berpengaruh pada jumlah gula darah sehingga insulin dapat mengalami peningkatan. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal itu.

Baca Juga: Mengangkat sel kulit mati, inilah manfaat masker kopi yang bisa Anda dapat

Makanan Cepat Saji

Burger jadi salah satu makanan penyebab jerawat.

Siapa yang suka makan pizza atau burger? Ternyata, jenis makanan cepat saji bisa menyebabkan kulit mudah berjerawat, lo. Hal itu disebabkan karena makanan cepat saji mengandung banyak kalori dan lemak.

Melansir Healtline, mengonsumsi makanan cepat saji meningkatkan risiko munculnya jerawat sebanyak 24%. Penelitian tersebu melibatkan 2.300 pria Turki. Meski penelitian lain masih dibutuhkan, Anda tetap perlu waspada dan membatasi konsumsi makanan cepat saji.

Cokelat

Makanan penyebab jerawat selanjutnya yang sebaiknya Anda hindari adalah cokelat. Sebuah penelitian yang melibatkan pria dengan kulit berjerawat membuktikan hal itu. Setelah mengonsumsi 25 g cokelat hitam selama dua minggu, kemunculan jerawat meningkat.

Baca Juga: 4 Cara mengencengkan kulit wajah yang tak boleh Anda lewatkan

Mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan reaktivitas sistem imun tubuh terhadap bakteri penyebab jerawat, Karena hal itu, sebaiknya hindari konsumsi cokelat, apalagi jika Anda memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat.

Alih-alih mengonsumsi jenis makanan tersebut, jerawat bisa Anda atasi dengan mengonsumsi makanan lain yang mengandung antiinflamasi. Mulai dari asam lemak omega-3, teh hijau, dan kunyit. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, vitamin D, dan zinc juga bisa Anda lakukan.

Selanjutnya: 4 Penyebab jerawat di punggung ini perlu Anda hindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×