Cocok Jadi Masker Komedo, Jangan Ragu Pakai 8 Bahan Ini

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cocok Jadi Masker Komedo, Jangan Ragu Pakai 8 Bahan Ini

ILUSTRASI. Banyak bahan alami yang bisa Anda buat sebagai masker komedo.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak orang yang memiliki masalah kulit berupa komedo. Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah kulit itu, cobalah untuk memakai masker komedo. Anda bisa mengolah bahan-bahan alami supaya komedo hilang dari kulit Anda.

Komedo terbentuk karena sebum dan jenis kotoran lain yang terperangkap dalam pori-pori kulit. Jika terus dibiarkan dan teroksidasi dengan oksigen, komedo putih akhirnya berubah menjadi komedo hitam. Tentu saja kondisi itu bisa mengganggu penampilan.

Mengutip dari NDTV Food, efek samping obat dan perubahan hormon adalah beberapa contoh faktor yang bisa memicu kemunculan komedo. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kebersihan kulit supaya kemunculannya tak semakin parah.

Beberapa bahan alami di bawah ini berguna sebagai eksfoliator yang efektif membersihkan pori-pori kulit. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk rutin melakukannya. Jika dalam jangka waktu tertentu komedo tak berkurang, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Ini Mudah Dicoba

Madu dan lemon

Selain dicampur dengan putih telur, lemon juga bisa Anda kombinasikan dengan madu untuk membuat masker komedo. Tak hanya membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh, bahan-bahan tersebut juga mengandung antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit.

Anda perlu mencampur 1 sdt air perasan lemon dan ½ sdt madu terlebih dahulu. Aduk sampai rata kemudian aplikasikan pada area kulit yang berkomedo selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Putih telur dan lemon

Cara menghilangkan komedo secara alami bisa Anda lakukan dengan mengombinasikan putih telur dan lemon. Selain itu, rutin memakai bahan alami itu juga mampu mengencangkan kulit. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan tidak sulit.

Pertama, kocok satu putih telur lalu tambahkan 2 sdt air lemon. Aplikasikan masker itu pada area komedo lalu tunggu hingga kering. Setelah itu, tambahkan lapisan masker kedua lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hingga bersih.

Tea tree oil

Memakai tea tree oil adalah cara menghilangkan komedo yang bisa Anda jadikan pilihan. Kandungan dalam tea tree oil juga efektif melawan bakteri, jadi bisa menurunkan risiko kemunculan jerawat.

Baca Juga: Masker Lidah Buaya Bisa Dicampur dengan 4 Bahan Alami Ini

Oatmeal, yogurt, dan lemon

Oatmeal dan bahan alami lainnya bisa Anda olah menjadi masker komedo.

Masker komedo juga dapat Anda buat dari oatmeal, lo. Selain membersihkan sel kulit mati penyebab komedo, masker penghilang komedo tersebut juga efektif mencerahkan warna kulit Anda.

Cara menghilangkan komedo di hidung sangat mudah. Campur 2 sdm oatmeal dengan 3 sdm yogurt dan air perasan setengah lemon. Setelah teraduk rata, oleskan pada kulit berkomedo. Diamkan dulu selama minimal 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Gula dan minyak jojoba

NDTV Food merekomendasikan gula dan minyak jojoba untuk menghilangkan komedo. Gabungan bahan tersebut efektif membersihkan sel kulit mati sehingga kemunculan komedo dapat Anda hindari.

Pertama, campur 3 sdm minyak jojoba dengan satu gelas gula. Aduk rata lalu gosokkan campuran itu pada area komedo secara perlahan kemudian bilas dengan air. Lakukan cara menghilangkan komedo itu dua kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: Metrodata (MTDL) Hadirkan Enterprise Performance Management Berbasis Cloud

Editor: Belladina Biananda
Terbaru