Cocok Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 5 Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Jumat, 22 April 2022 | 05:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cocok Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 5 Makanan untuk Penderita Asam Lambung

ILUSTRASI. Asam lambung.


KONTAN.CO.ID - Penderita asam lambung perlu berhati-hati saat berpuasa. Khususnya dalam memilih makanan yang dikonsumsi. 

Pasalnya, makanan adalah hal penting yang harus diperhatikan penderita asam lambung, apalagi saat berpuasa. Hal tersebut dikarenakan makanan menjadi salah satu penentu asam lambung membaik begitupun sebaliknya.

Umumnya, makanan yang baik dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai masalah asam lambung, biasanya juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca Juga: MP3 Juice: Situs Download Lagu atau Musik Youtube Gratis Baru 2022

Selain menjaga asupan makanan, agar penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux yang disebut juga GERD bisa cepat sembuh segeralah untuk periksa ke dokter atau tenaga medis terdekat agar penanganan bisa segera dilakukan dengan lebih efektif. 

Namun untuk sementara waktu, ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung yang dilansir dari AARP, makanan tersebut di antarnaya: 

Oatmeal

Makanan yang baik dikonsumsi penderita asam lambung kronis adalah oatmeal. Oatmeal mempunyai banyak serat yang baik untuk pencernaan sekaligus dapat meredakan gejala saat asam lambung naik.

Teh Jahe

Teh jahe

Satu atau dua cangkir teh jahe sehari mungkin menawarkan tiga kali lipat manfaat bagi Anda penderita asam lambung. Minuman yang menenangkan ini tidak hanya bersifat basa, tetapi juga mengandung antiinflamasi yang dapat membantu meredakan iritasi gastroesofagus dan menenangkan perut. 

Jahe juga dapat membantu meredakan mual dan berbagai gejala asam lambung lainnya.

Baca Juga: Simak 10 Quotes R.A. Kartini yang Inspiratif dan Dikenang Sepanjang Masa

Pisang

Pisang

Buah pisang adalah salah satu makanan yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai masalah asam lambung. Buah rendah asam ini dapat membantu menetralkan asam lambung dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. 

Dan tidak hanya bersifat basa, pisang juga kaya akan pektin, serat larut yang membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui saluran pencernaan. Ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung tidak makan berlebihan dan risiko asam lambung naik menjadi lebih kecil.

Salad Hijau

Salad hijau bisa Anda jadikan alternatif untuk dikonsumsi untuk mencegah asam lambung naik.
Pasalnya Mengkonsumsi makanan yang mengandung air seperti seledri, mentimun dan semangka adalah pilihan lain yang dapat membantu mengencerkan asam lambung. 

Faktanya, sebuah penelitian kecil tahun 201-7, yang diterbitkan dalam JAMA Otalaryngology – Bedah Kepala & Leher, menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti diet Mediterania nabati yang berat dalam produk semacam itu melaporkan gejala refluks atau asam lambung yang lebih jarang. 

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Jadi Sumber Energi, Apa Saja?

Yogurt

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah yogurt. Makanan fermentasi dari susu ini dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung naik. 

Namun sebelum mengkonsumsi yogurt, pastikan Anda memilih yogurt yang rendah lemak dan terbuat dari susu murni. Sehingga manfaat untuk asam lambung bisa lebih terasa dan tidak menimbulkan efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru