kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Coba 5 pilihan obat herbal radang tenggorokan ini yuk


Senin, 09 Agustus 2021 / 12:06 WIB
Coba 5 pilihan obat herbal radang tenggorokan ini yuk
ILUSTRASI. Beberapa bahan alami di sekitar Anda bisa digunakan sebagai obat herbal radang tenggorokan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang tenggorokan terjadi saat ada benda asing, seperti virus, yang menginfeksi tubuh Anda. Tentu saja kondisi itu bisa membuat Anda tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ada banyak obat herbal radang tenggorokan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Anda bisa mengonsumsi obat apotek untuk menyembuhkan radang tenggorokan, misalnya ibuprofen. Namun, pastikan untuk meminta saran dokter terlebih dahulu, ya. Apalagi jika Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

Selain obat yang dijual di pasaran, radanga tenggorokan juga bisa diobati dengan beberapa pilihan bahan alami ini. Perlu diingat bahwa bahan-bahan ini hanya bersifat sementara. Apabila radang tenggorokan tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Cuka Apel

Cuka apel biasnya digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Namun, bahan alami itu juga bisa dipakai untuk mengobati radang tenggorokan, lo. Mengutip dari Go Health (gohealthuc.com), asam asetat dalam cuka apel berfungsi sebagai antimikroba sehingga infeksi bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: 4 Obat herbal radang tenggorokan yang mudah ditemukan

Teh dan Madu

Jika Anda mencari obat herbal radang tenggorokan, maka teh dan madu tak boleh Anda lupakan. Anda bisa mencampur madu pada jenis teh herbal yang Anda sukai, seperti teh kamomil. Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa menambahkan vitamin C yang datang dari lemon dalam teh tersebut.

Cabe Rawit

Mengonsumsi 8 ons air yang dicampur dengan 1 sdt bubuk cabe rawit bisa megobati radang tenggorokan, lo. Cabe rawit mengandung banyak vitamin C yang mampu menenangkan tenggorokan dari inflamasi. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi air cabe rawit pun efektif mengatasi hidung tersumbat.

Baca Juga: Berkumur Air Garam Bermanfaat Untuk Kesehatan, Ini Faktanya

Air Garam

Air garam termasuk dalam daftar obat herbal radang tenggorokan.

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai obat herbal radang tenggorokan adalah air garam. Anda perlu mencampur 1 sdt garam dalam 8 ons air hangat terlebih dahulu. Aduk rata lalu gunakan air tersebut untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik. Ulangi cara tersebut sampai radang tenggorokan sembuh.

Jus Nanas

Go Health merekomendasikan jus nanas untuk mengobati radang tenggorokan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengonsumsi jus buah tersebut supaya radang tenggorokan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Bukan tanpa alasan, buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa menyembuhkan peradangan. Selain itu, bromelain juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan batuk kering sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Selanjutnya: Dilanda batuk kering? ini 7 cara alami meredakan batuk kering

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×