kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Coba 4 pilihan masker komedo dari bahan alami ini, yuk


Rabu, 07 April 2021 / 12:58 WIB
Coba 4 pilihan masker komedo dari bahan alami ini, yuk
ILUSTRASI. Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai masker komedo.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Selain jerawat, komedo adalah masalah kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Supaya kondisi kulit Anda tak semakin parah, cobalah untuk memakai masker komedo dari bahan alami.

Alih-alih menggunakan masker komedo yang terbuat dari bahan kimia, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Komedo terbentuk karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih, bakteri, atau jenis kotoran yang lain.

Penyumbatan itu bisa semakin parah karena faktor yang lain. Mulai dari keturunan, terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak, hingga perubahan hormon.

Untuk beberapa kondisi yang tidak bisa Anda atur, seperti genetik atau perubahan hormon, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Namun, untuk komedo yang disebabkan oleh faktor lainnya, cobalah untuk membersihkannya dengan bahan-bahan ini.

Cuka apel

Stylecraze menyebutkan, zat asam yang terkandung dalam cuka apel mampu mengeringkan komedo sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Tak hanya itu, cuka apel juga efektif melawan bakteri penyebab masalah kulit. Anda hanya perlu mengoleskan cuka apel tanpa perlu membilasnya dengan air.

Baca Juga: Hilangkan komedo hitam dengan 4 bahan alami ini

Lemon dan lidah buaya

Masker komedo selanjutnya bisa Anda buat dengan mengkombinasikan lemon dan lidah buaya. Lidah buaya bertugas membersihkan komedo, sedangkan lemon memiliki antimikroba dan berperan sebagai astringen alami.

Caranya, campur 1 sdm gel lidah buaya dengan perasan air lemon. Setelah itu, gosokkan pada area kulit yang memiliki komedo selama tiga hingga empat menit lalu diamkan dulu selama 10 menit. Selanjutnya, bilas dengan air.

Minyak kelapa

Stylecraze merekomendasikan minyak kelapa untuk menghilangkan komedo dari kulit Anda. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit yang berkomedo. Lakukan tiap sebelum tidur agar Anda mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Mudah dipakai, ini 4 rekomendasi masker untuk jerawat

Oatmeal dan air mawar

Oatmeal dan air mawar bisa Anda olah menjadi masker komedo.

Masker komedo lainnya bisa Anda buat dengan mencampur oatmeal dan air mawar. Tekstur oatmeal yang kasar berguna untuk membersihkan komedo secara menyeluruh. Di sisi lain, air mawar berfungsi untuk melembabkan dan berperan sebagai disinfektan alami.

Pertama, campur 2 sdm oatmeal dan air mawar hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan pada komedo dan diamkan dulu selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Cobalah untuk melakukan langkah-langkah itu tiga kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 6 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan komedo di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×