Coba 4 cara menghilangkan karang gigi secara alami ini

Jumat, 24 September 2021 | 08:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Coba 4 cara menghilangkan karang gigi secara alami ini

ILUSTRASI. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menghilangkan karang gigi secara alami bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Ada banyak bahan-bahan yang bisa Anda manfaatkan. Dengan pemakaian rutin, karang gigi bisa hilang. Bahkan risiko pembentukannya pun dapat Anda hindari.

Apabila terus dibiarkan dan tidak dibersihkan, karang gigi bisa mengganggu kesehatan gusi. Akibatnya, gusi menjadi bengkak, pendarahan, bau mulut tidak sedap, serta kondisi-kondisi lain yang lebih parah.

Selain memakai bahan-bahan alami ini, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Pertama, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut supaya tak ada sisa makan yang tersisa di sela gigi. Kedua, jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

Makan Keju

Mengutip dari Dublin Corners Dental (dublincornersdental.com), karang gigi bisa Anda atasi dengan rutin mengonsumsi keju. Kandungan-kandungan dalam produk olahan susu itu mampu melapisi gigi sehingga karang gigi bisa hilang. Tak hanya itu, keju mampu meningkatkan pH yang mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga: Tak banyak disadari, inilah 4 penyebab gusi berdarah

Pakai Kulit Jeruk

Tahukah Anda bahwa kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami? Senyawa dalam jeruk efektif mengahncurkan karang gigi. Kulit jeruk juga dipenuhi dengan vitamin C yang bisa mencegah pembentukan karang gigi.

Caranya sangat mudah. Pertama, gosokkan bagian dalam kulit jeruk ke seluruh bagian gigi. Diamkan selama semalaman untuk mendapat hasil maksimal. Dengan pemakaian rutin, bakteri penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut juga bisa dilawan.

Gunakan Lidah Buaya

Cara menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan lidah buaya.

Lidah buaya mengandung antibakteri sehingga cocok jadi cara menghilangkan karang gigi secara alami. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya pada gigi. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian berkumurlah dengan air.

Baca Juga: 5 Faktor penyebab bau mulut yang perlu Anda waspadai

Sikat dengan Baking Soda

Bahan selanjutnya yang direkomendasikan Dublin Corners Dental untuk membersihkan karang gigi adalah baking soda. Baking soda memiliki kandungan yang efektif menetralkan keasaman dalam mulut. Dengan begitu, baking soda penyebab karang gigi bisa hilang.

Langkah yang harus Anda lakukan tidak sulit. Pertama, taburkan baking soda di sikat gigi yang biasa Anda pakai. Tambahkan sedikit air lalu gunakanlah untuk menyikat gigi seperti biasa. Selanjutnya, berkumurlah dengan air biasa.

Selanjutnya: Manfaatkan bahan alami ini untuk obati gusi bengkak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru