Ciri-ciri Kolesterol Pada Kaki, Cek Minuman Penurun Kolesterol Jahat

Kamis, 26 Januari 2023 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
Ciri-ciri Kolesterol Pada Kaki, Cek Minuman Penurun Kolesterol Jahat


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Simak tanda kolesterol tinggi pada kaki. Kenali juga minuman dari bahan alami untuk penurun kolesterol.

Tanda kolesterol tinggi pada kaki penting untuk diketahui. Pasalnya, banyak orang yang mengalami kolesterol tinggi di tengah tren gaya hidup tidak sehat dan makanan cepat saji.

Mengetahui tanda kolesterol tinggi pada kaki bisa mempercepat untuk mendeteksi penyakit tersebut. Semakin cepat mengenali tanda kolesterol tinggi pada kaki, semakin cepat pula pengobatannya.

Tanda kolesterol tinggi pada kaki bisa diamati secara kasat mata. Namun, selama ini banyak yang meremehkan tanda kolesterol tinggi pada kaki tersebut, sehingga pasien sering terlambat diobati.

Baca Juga: 5 Teh Ini Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Lalu, apa saja tanda kolesterol tinggi pada kaki?

Tanda kolesterol tinggi pada kaki

Menurut Suyatno Hadi Saputro selaku Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), ada sejumlah tanda kolesterol tinggi pada kaki.

Berikut enam tanda kolesterol tinggi pada kaki yang perlu diwaspadai, yakni:

1. Kaki nyeri 

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang pertama adalah kaki nyeri. Jika sudah terjadi penyumbatan pembuluh darah arteri di kaki akan menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah tidak mencapai bagian tubuh menurun. Hal ini yang membuat kaki terasa berat dan tubuh cepat lelah. 

Orang dengan kolesterol tinggi, sering kali mengeluhkan kaki terasa terbakar, rasa sakit pada paha dan betis. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat.

2. Kesemutan 

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang kedua adalah kesemutan. Menurut penelitian kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi. Kolesterol tinggi menyebabkan akumulasi berbahaya dan endapan lain di dinding arteri (aterosklerosis).

3. Kaki keram 

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang ketiga adalah kaki keram. Keram berkelanjutkan terutama saat tidur perlu diwaspadai. Gejala ini sering kali dirasakan pada bagian tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki. Hal ini lebih sering dirasakan pada malam hari terutama saat istirahat tidur. 

Hal ini disebabkan aliran darah menurun sehingga kadar oksigen berkurang. Menurut Yatno salah satu solusinya adalah menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk dapat meredakan keram.

4. Kaki terasa dingin secara terus menerus 

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang keempat adalah kaki terasa dingin secara terus-menerus. Bahkan di cuaca panas sekalipun kaki terasa dingin.

Hal tersebut menjadi penanda kolesterol dalam darah sudah terlalu tinggi, sehingga menghambat laju aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen menuju kaki berkurang. 

Kaki yang menjadi dingin ini bisa terjadi di salah satu kaki saja atau di kedua belah kaki. Menurutnya tanpa oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit akan kering sedangkan kuku kaki akan menebal dan tumbuh lebih lambat warna lebih pucat.

5. Perubahan pada warna kulit maupun kuku 

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang kelima adalah terjadi perubahan pada warna kulit dan kuku. Ini diakibatkan kekurangnya aliran darah atau kadar oksigen dalam darah menurun. "Sel yang berada di daerah tersebut tidak mendapatkan cukup nutrisi karena berkurangnya aliran darah," imbuhnya.

6. Luka di kaki susah sembuh

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang keenam adalah ketika aliran darah menuju kaki terganggu, maka kaki akan kekurangan nutrisi dan oksigen dan lukanya biasanya berubah warna menjadi kecoklatan atau kehitaman (jaringan mati). 

Maka dari itu, jika seseorang mengalami beberapa gejala di atas, maka segera periksakan diri atau meminta bantuan pada petugas kesehatan terdekat.

Minuman penurun kolesterol tinggi

Jika mengalami tanda kolesterol tinggi pada kaki di atas, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat penurun kolesterol.

Selain dengan obat kolesterol, sejumlah minuman dari bahan alami bisa menjadi obat penurun kolesterol tinggi. Tapi ingat, konsultasi dengan dokter penting sebelum minum minuman bahan alami untuk obat kolesterol tinggi ini.

Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa minuman bahan alami penurun kolesterol tinggi:

1. Teh hijau

Minuman bahan alami penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah teh hijau. Kaya akan antioksidan, teh hijau menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol "jahat" dan kadar kolesterol total.

Teh hijau mengandung zat seperti katekin dan epigallocatechin gallate yang menurunkan kadar kolesterol. Studi menemukan, teh hitam juga mampu mengurangi kolesterol namun kurang efektif dibandingkan teh hijau karena hanya mengandung katekin yang lebih sedikit.

2. Smoothie beri

Minuman bahan alami penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah smoothie beri. Antioksidan dan serat membantu mengurangi kadar kolesterol, dan kebanyakan buah beri kaya akan kedua senyawa tersebut. Buah beri juga mengandung lebih sedikit kalori dan lemak.

Untuk menu minuman sehat dan menyegarkan, campurkan setengah cangkir susu atau yogurt rendah lemak, air dingin, dan dua genggam stroberi, beri hitam atau bluberi lalu haluskan menjadi smoothie.

3. Kakao

Minuman bahan alami penurun kolesterol tinggi yang ketiga adalah kakao. Dilansir Medical News Today, studi tahun 2015 membuktikan minuman 450 miligram yang mengandung flavanol kakao dua kali sehari selama satu bulan menurunkan kadar kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Pastikan untuk membatasi tambahan gula dan garam dalam minuman kakao, karena itu dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Jus tomat

Minuman bahan alami penurun kolesterol tinggi yang keempat adalah jus tomat. Likopen dalam tomat membantu menurunkan kolesterol LDL. Saat tomat diolah menjadi jus, kandungan likopen dalam tomat meningkat sehingga disebut lebih ampuh menurunkan kolesterol.

Jus tomat juga kaya akan niasin dan serat yang bermanfaat mengurangi kolesterol.

5. Susu kedelai

Minuman bahan alami penurun kolesterol tinggi yang kelima adalah susu kedelai. Mengganti produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai yang rendah kandungan lemak jenuhnya bisa membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

Itulah tanda-tanda kolesterol tinggi pada kaki serta daftar minuman bahan alami penurun kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Sebagian artiker ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Minuman untuk Kendalikan Kolesterol Jahat", dan "6 Tanda Kolesterol Tinggi Muncul di Kaki, Info Dosen UM Surabaya"

Selanjutnya: Harga Promo Indomaret Hari Ini 26 Januari 2023, Katalog Super Hemat Mingguan Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru