kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Dalam Tumbuh


Kamis, 08 September 2022 / 04:55 WIB
Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Dalam Tumbuh


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri khas diabetes pada wanita. Pahami pula cara menurunkan kadar gula darah tinggi dalam tubuh untuk mengatasi diabetes tanpa obat.

Kaum wanita perlu untuk mengenali ciri-ciri khas diabetes. Pasalnya, ciri-ciri diabetes pada wanita berbeda dengan pria.

Selain itu, jika menderita penyakit diabetes, wanita lebih berisiko mengalami komplikasi. Kompas.com memberitakan, wanita yang terkena diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan serangan jantung lebih parah ketimbang pria.

Selain itu, jika dibandingkan pria, wanita juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi seperti kebutaan, penyakit ginjal, dan kebutaan ketika terkena diabetes.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa ciri-ciri diabetes pada wanita. Mengenali ciri-ciri diabetes pada wanita harus dipahami sejak dini agar lebih cepat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Diabetes Pada Pria & Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Ciri-ciri diabetes pada wanita

Ada beberapa ciri-ciri diabetes pada wanita yang khas dan jarang dirasakan pengidap diabetes pria, antara lain:

  • Haid tidak normal

Ciri-ciri pertama diabetes pada wanita adalah haid tidak normal. Kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur menstruasi. Penderita diabetes bisa mengalami haid yang lebih lama dibandingkan biasanya, haid yang lebih berat, atau siklus haid tidak teratur.

  • Sering infeksi saluran kencing

Ciri-ciri kedua diabetes pada wanita adalah sering infeksi saluran kencing. Kondisi ini disebabkan kadar gula darah tinggi menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Selain itu, diabetes juga membuat kandung kemih susah kosong sampai tuntas. Hal itu rawan menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab infeksi saluran kencing.

  • Gairah seks menurun

Ciri-ciri diabetes pada wanita yang perlu diwaspadai lainnya yakni gairah seks menurun. Kadar gula darah tinggi menyebabkan vagina kering sehingga aktivitas berhubungan seks jadi nyeri dan tidak nyaman.

Selain itu, penyakit ini juga dapat merusak saraf dan mengurangi aliran darah ke area vital. Dampaknya, hubungan seks jadi kurang nikmat.

Ciri-ciri diabetes yang umum

Selain ciri-ciri diabetes pada wanita yang khas di atas, penderita biasanya juga merasakan beberapa tanda penyakit diabetes yang umum. Dilansir dari Women’s Health, berikut beberapa ciri-ciri dan gejala diabetes yang umum:

  • Sering kencing, terutama di malam hari
  • Mudah haus, padahal sudah cukup minum
  • Napas bau tidak sedap
  • Pandangan kabur
  • Tangan dan kaki sering kesemutan
  • Gampang memar dan luka susah sembuh
  • Berat badan turun signifikan padahal pola diet atau olahraga tidak berubah
  • Mudah lelah padahal sudah cukup istirahat dan tidur
  • Leher hitam, atau bagian lipatan tubuh lainnya seperti ketiak lebih gelap
  • Sering gatal-gatal

Jika Anda mendapati ciri-ciri diabetes pada wanita ditambah gejala di atas, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan kadar gula darah. Penyakit ini paling akurat dideteksi lewat tes gula darah.

Cara menurunkan gula darah dan mengatasi diabetes

Cara menurunkan gula darah bisa dilakukan tanpa menggunakan obat apotek atau dokter. Ini dengan catatan, kadar gula darah tersebut belum terlalu jauh dari level normal.

Dilansir dari Momsmoney.id, salah satu cara menurunkan gula darah adalah mengatur pola makan agar menjaga kadar gula darah yang sehat.

Secara umum, makanan yang paling banyak menyebabkan kadar gula darah naik adalah yang tinggi karbohidrat, yang cepat diubah menjadi energi, seperti nasi, roti, buah-buahan, dan gula. 

Makanan tinggi protein, seperti daging, telur ikan, susu dan produk susu, serta makanan berminyak juga dapat secara signifikan meningkatkan kadar gula darah. 

Menurut The Health Site dan Healthline, berikut ini adalah beberapa makanan yang ampuh menurunkan gula darah tinggi pada tubuh dan mengatasi diabetes, antara lain: 

1. Buah naga

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang pertama adalah buah naga. Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes. 

2. Mengkudu

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang kedua adalah mengkudu. Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid.

Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.

3. Pare

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang ketiga adalah pare. Pare memiliki kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak.

4. Ikan tuna

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang keempat adalah ikan tuna. Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya.

Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.

5. Jahe

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang kelima adalah jahe. Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba.

Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin. 

Itulah ciri-ciri diabetes yang khas pada wania dan beberapa cara menurunkan gula darah tubuh secara alami tanpa obat sekaligus mengatasi diabetes. Jika memiliki keluhan kesehatan, Anda  juga bisa bertanya langsung pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×