Ciri-Ciri Diabetes Pada Pria & Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Rabu, 07 September 2022 | 12:40 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
Ciri-Ciri Diabetes Pada Pria & Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

ILUSTRASI. Ciri-Ciri Diabetes Pada Pria & Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri khas diabetes pada pria. Pahami pula makanan untuk menurunkan kadar gula darah tinggi dan mengatasi diabetes.

Kaum pria perlu untuk mengenali ciri-ciri khas diabetes. Pasalnya, ciri-ciri diabetes pada pria berbeda dengan wanita.

Mengutip Kompas.com, perbedaan ciri-ciri khas diabetes pada priad karena pengaruh kadar hormon testosteron. Perlu diketahui, diabetes adalah penyakit gula darah tinggi kronis karena tubuh kekurangan hormon insulin atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Penyakit diabetes ini lebih rentan dialami pria ketimbang wanita. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa ciri-ciri dan gejala diabetes pada pria yang khas.

Ciri-ciri diabetes pada pria

Ada beberapa ciri-ciri diabetes pada pria yang khas dan tidak dirasakan penderita wanita, antara lain:

  • Disfungsi ereksi

Ciri-ciri pertama diabetes pada pria adalah disfungsi ereksi. Dilansir dari Healthline, gejala diabetes pada pria dapat memengaruhi kesehatan seksual seperti disfungsi ereksi.

Penyakit diabetes ini bisa menyebabkan pria susah mencapai dan mempertahankan ereksi. Studi meta-analisis dari 145 penelitian menunjukkan, lebih dari 50 persen penderita diabetes pria mengeluhkan disfungsi ereksi.

Baca Juga: 10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Turunkan Gula Darah, Baik untuk Penderita Diabetes

  • Susah mengontrol kencing

Ciri-ciri kedua diabetes pada pria adalah susah mengontrol kencing. Penyakit diabetes juga bisa merusak sistem saraf otonom yang mengontrol pelebaran atau penyempitan pembuluh darah. Apabila kerusakan terjadi di organ reproduksi, penderita tak hanya mengalami disfungsi ereksi tapi juga bisa susah mengontrol kencing, jadi sesekali mengompol.

  • Air mani sedikit

Ciri-ciri ketiga diabetes pada pria adalah jumlah air mani yang lebih sedikit. Penderita diabetes pria juga bisa mengalami gejala air mani yang keluar lebih sedikit dari biasanya saat ejakulasi.

Kondisi ini disebabkan sebagian air mani yang seharusnya keluar lewat penis justru memasuki kandung kemih.

  • Infeksi jamur berulang

Ciri-ciri diabetes pada pria yang pantang disepelekan lainnya yakni infeksi jamur berulang. Dilansir dari WebMD, kondisi ini disebabkan kadar gula darah tinggi memicu pertumbuhan jamur berlebihan.

  • Otot lemah dan lemas

Ciri-ciri kelima diabetes pada pria adalah Penderita diabetes pria juga lebih rentan mengalami kelemahan atau berkurangnya kekuatan otot. Kondisi ini dipengaruhi penurunan massa otot karena diabetes. Peningkatan gula darah kronis menyebabkan tubuh memecah otot dan lemak untuk energi.

Ciri-ciri diabetes yang umum

Selain ciri-ciri diabetes pada pria di atas, penderita biasanya juga merasakan gejala diabetes yang umum dialami pria maupun wanita. Dilansir dari MedicineNet, beberapa tandanya antara lain:

  • Sering kencing
  • Badan lelah padahal sudah cukup istirahat
  • Pandangan kabur
  • Berat badan turun tanpa perubahan diet dan olahraga
  • Sering kesemutan dan mati rasa, terutama di kaki dan tangan

Waspadai beberapa ciri-ciri diabetes pada pria di atas. Terutama jika pria termasuk kelompok berisiko terkena penyakit ini, seperti berat badan berlebih, perut buncit, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kurang gerak, merokok, kurang tidur, dan pola makan tidak sehat.

Makanan untuk menurunkan gula darah dan mengatasi diabetes

Dilansir dari Momsmoney.id, penderita gula darah tinggi atau diabetes harus mengatur pola makan agar menjaga kadar gula darah yang sehat.

Secara umum, makanan yang paling banyak menyebabkan kadar gula darah naik adalah yang tinggi karbohidrat, yang cepat diubah menjadi energi, seperti nasi, roti, buah-buahan, dan gula. 

Makanan tinggi protein, seperti daging, telur ikan, susu dan produk susu, serta makanan berminyak juga dapat secara signifikan meningkatkan kadar gula darah. 

Menurut The Health Site dan Healthline, berikut ini adalah beberapa makanan yang ampuh menurunkan gula darah tinggi pada tubuh dan mengatasi diabetes, antara lain: 

1. Buah naga

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang pertama adalah buah naga. Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes. 

2. Mengkudu

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang kedua adalah mengkudu. Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid.

Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.

3. Pare

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang ketiga adalah pare. Pare memiliki kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak.

4. Ikan tuna

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang keempat adalah ikan tuna. Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya.

Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.

5. Jahe

Makanan yang ampuh menurunkan gula darah pada tubuh dan mengatasi diabetes yang kelima adalah jahe. Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba.

Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin. 

Itulah ciri-ciri diabetes yang khas pada pria dan beberapa bahan makanan untuk menurunkan gula darah tubuh sekaligus mengatasi diabetes. Jika memiliki keluhan kesehatan, Anda  juga bisa bertanya langsung pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru