CLOSE [X]

Ciri-Ciri Diabetes Bisa Dilihat dari Kondisi Kaki dan Mata, Kenali Gejalanya

Jumat, 29 April 2022 | 03:50 WIB Sumber: Kompas.com
Ciri-Ciri Diabetes Bisa Dilihat dari Kondisi Kaki dan Mata, Kenali Gejalanya


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ciri-ciri diabetes melitus atau penyakit gula bisa dilihat dari mata dan kaki. Namun banyak orang mengabaikan atau tidak tahu ciri-ciri diabetes, sehingga terlambat mendeteksi dan mengobatinya.

Diabetes terkadang tak disadari kehadirannya, padahal, ada banyak ciri-ciri diabetes yang muncul di beberapa area tubuh. Seperti di mata dan di kaki juga bisa menunjukkan ciri-ciri diabetes.

Diberitakan Kompas.com (9/3/2022), diabetes melitus adalah penyakit gangguan metabolisme menahun akibat organ pankreas yang tidak memproduksi insulin secara cukup atau tidak mampu menggunakan insulin yang sudah diproduksi secara efektif. Insulin sendiri adalah hormon yang mengatur keseimbangan kadar gula darah.

Jadi ketika seseorang mengalami gangguan pada pankreas dan insulinnya, maka tubuhnya akan terbebani dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi atau disebut hiperglikemia. Kadar gula darah tinggi dapat merusak organ-organ tubuh.

Bahkan, dapat menyebabkan komplikasi serius hingga kematian. Lantas, apa saja ciri-ciri diabetes yang bisa kita cermati?

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat, Coba 8 Olahraga Ini

Ciri-ciri pradiabetes di kaki

Sebelum menjadi diabetes, tubuh akan mengalami terlebih dahulu fase pradiabetes. Diberitakan Kompas.com, pradiabetes adalah kondisi di mana gula dalam darah sudah melebihi ambang normal, namun belum terlalu tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes.

Jika tak segera ditangani, maka pradiabetes atau biasa disebut pula dengan prediabetes ini bisa berkembang menjadi diabetes. Pradiabetes sendiri biasanya sudah membawa kerusakan saraf di sekitar kaki.

Dikutip dari Newswise, ilmuwan dari University of Michigan Health System telah mempelajari kerusakan saraf ringan yang biasanya terjadi pada kaki ini.

Berikut beberapa ciri-ciri kerusakan saraf di kaki akibat diabetes dan pradiabetes:

  • Adanya sensasi geli seperti digelitik.
  • Muncul sensasi panas terbakar.
  • Sensasi kesemutan yang sering terjadi.
  • Sensasi kebas atau mati rasa, di mana kaki kehilangan kepekaannya.

James Russel, M.D, profesor saraf dari Universitas Michigan memastikan bahwa jika kaki sering terdera kebas dan sensasi geli, maka hampir bisa dipastikan bahwa itu adalah fase pradiabetes. Sedangkan sensasi kebas, adalah yang biasanya memunculkan luka terbuka tanpa disadari.

Ciri-ciri diabetes pada mata

Dilansir dari WebMD, kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi juga bisa mempengaruhi mata. Berikut ciri-ciri diabetes yang biasa muncul pada mata:

  • Pandangan kabur atau ganda
  • Katarak
  • Glaukoma
  • Retinopathy

Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, maka lensa mata bisa membengkak. Hal inilah yang membuat pandangan terasa kabur atau menjadi ganda. Sedangkan katarak, lebih mudah muncul di tubuh seseorang yang mengidap diabetes. Begitu juga glaukoma.

Selain lebih awal muncul, katarak pada penderita diabetes juga biasanya lebih mudah memburuk. Sedangkan glaukoma karena diabetes, biasanya bisa memunculkan ciri-ciri khas seperti:

  • Sakit kepala
  • Nyeri pada mata
  • Pandangan kabur
  • Mata lebih sering berair
  • Ada lingkaran halo di sekitar cahaya
  • Kehilangan kemampuan melihat

Selain gangguan penyakit di atas, gula darah tinggi juga bisa menyebabkan diabetic retinopathy yang bisa berisiko fatal seperti kehilangan kemampuan melihat total.

Itulah sejumlah ciri-ciri diabetes yang bisa dilihat di bagian kaki dan mata. Jika Anda mengalami ciri-ciri diabetes di atas, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Adakah Gejala Diabetes yang Muncul di Kaki dan di Mata?",


Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru