Ciri-ciri Batuk yang Merupakan Gejala Penyakit Jantung, Jangan Abaikan

Rabu, 06 Juli 2022 | 09:46 WIB Sumber: Kompas.com
Ciri-ciri Batuk yang Merupakan Gejala Penyakit Jantung, Jangan Abaikan

ILUSTRASI. Batuk ternyata bisa menjadi indikasi atau gejala dari penyakit atau gangguan kesehatan yang lebih serius seperti jantung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk dianggap penyakit umum karena hampir setiap orang mengalaminya. Biasanya, batuk dikaitkan dengan kondisi gangguan kesehatan di saluran pernapasan.

Baik batuk kering atau batuk berdahak, semuanya relatif dianggap sebagai sakit ringan dan mudah membaik seiring dengan berjalannya waktu, baik dengan diberi obat maupun dibiarkan begitu saja. 

Akan tetapi, batuk ternyata bisa menjadi indikasi atau gejala dari penyakit atau gangguan kesehatan yang lebih serius seperti jantung. Apakah Anda sudah tahu soal ini?

Memang pada umumnya gejala atau tanda penyakit jantung berupa sesak napas dan kesulitan bernapas saat berbaring.  Namun ternyata batuk juga diam-diam bisa menjadi gejala dari penyakit mematikan ini. 

Dilansir dari BestLife, dokter penyakit dalam di Brigham and Women Hospital, Eva Shelton, MD, mengatakan ketika gagal jantung terjadi pada sisi kiri, darah dan cairan dari organ tersebut akan kembali ke paru-paru sehingga bisa mengakibatkan sesak napas dan batuk. 

sBaca Juga: 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat, Anda Bisa Coba

Lantas apa saja ciri-ciri batuk yang merupakan gejala dari penyakit jantung? Bagaimana kita bisa mengetahuinya? 

1. Batuk basah 

Jenis batuk pertama yang bisa menjadi indikasi awal seseorang menderita penyakit jantung adalah batuk basah. Penjelasannya, ketika darah kembali ke paru-paru karena gagal jantung, cairan akan masuk ke paru-paru dan membuatnya seperti tenggelam. 

"Paru-paru merasa teriritasi dan mencoba mengeluarkan air itu, jadi respons alaminya adalah batuk, karena batuk ini adalah akibat dari penumpukan cairan di paru-paru, jadi umumnya terdengar 'basah'," jelas dokter Shelton. 

Basah bukan selalu berarti batuk berdahak, namun batuk yang muncul kedengarannya seperti di dalamnya terdapat air dan atau dahak. 

Baca Juga: Inilah Orang yang Paling Rentan Terserang Asam Urat, Anda Termasuk?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru