kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Asam Urat di Tangan & Kaki, Cek Cara Menurunkan Asam Urat Alami & Obat


Jumat, 25 Agustus 2023 / 07:29 WIB
Ciri-Ciri Asam Urat di Tangan & Kaki, Cek Cara Menurunkan Asam Urat Alami & Obat
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Asam Urat di Tangan & Kaki, Cek Cara Menurunkan Asam Urat Alami & Obat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Ciri-Ciri Asam Urat Di Tangan dan Kaki - Simak ciri-ciri asam urat di tangan dan kaki. Kenali juga cara menurunkan asam urat di tangan dan kaki dengan alami ataupun obat dokter.

Ciri-ciri asam urat di tangan dan kaki harus dikenali sejak awal agar asam urat tidak menumpuk ke organ lain seperti ginjal. Pasalnya, asam urat yang menumpuk bisa membahayakan ginjal.

Mengenali ciri-ciri asam urat di tangan dan kaki sangat penting. Semakin cepat asam urat diketahui, Anda bisa lebih cepat melakukan pengobatan.

Normalnya, kadar asam urat dalam darah manusia berkisar antara 3,4 -7,0 mg/dL pada laki laki, pada perempuan antara 2,4-6,0 mg/dL dan 2,0-5,5 mg/dL pada kelompok anak-anak.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun, asam urat dapat menumpuk membentuk kristal gout di sendi dan organ tubuh lain, termasuk ginjal.

Asam urat terjadi karena kadar asam urat yang mengalir di dalam darah yang kadarnya melebihi batas normal.  Asam urat yang termasuk radang sendi sebaiknya tidak dibiarkan lantaran bisa menimbulkan sakit atau pembengkakan pada sendi. 

Baca Juga: Catat 5 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh, Mau Coba?

Orang yang mengalami asam urat terkadang juga sulit untuk membedakan apakah sakit yang mereka rasakan disebabkan oleh asam urat atau rematik. 

Namun, dalam beberapa kasus, gejala asam urat pada tangan maupun kaki dapat diketahui dari beberapa tanda.

Berikut ciri-ciri asam urat di tangan dan di kaki: 

Ciri-ciri asam urat di tangan 

Dilansir dari Medical News Today, asam urat sering kali memengaruhi persendian dan sewaktu-waktu dapat menyerang tangan. Pembengkakan akibat kondisi ini dapat berlangsung hingga dua minggu, tetapi gejalanya dapat berkembang dengan cepat secara tiba-tiba. 

Begitu pula dengan penyembuhan, proses pemulihan dari asam urat dapat terjadi dengan sendirinya walau tidak diobati. 

Orang yang pernah terkena asam urat biasanya memasuki periode remisi selama berminggu-minggu atau bertahun-tahun. 

Selama periode itu, mereka mungkin saja tidak merasakan tanda-tanda asam urat tapi kondisi ini dapat berlangsung lama jika tidak diobati. 

Apabila asam urat menyerang tangan, muncul beberapa tanda yang kerap dirasakan. Berikut ciri-ciri asam urat di tangan:

- Pembengkakan 
- Perubahan warna kulit 
- Terasa panas 
- Rasa sakit yang luar biasa. 

Ciri-ciri asam urat di kaki 

Dilansir dari Foot Doc, asam urat juga menyebabkan rasa sakit pada persendian lain, seperti kaki. Salah satu bagian pada kaki yang sering kali terkena asam urat adalah jempol kaki dan kondisi ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter supaya tidak terjadi komplikasi lainnya. 

Dalam hal ini, asam urat kerap menyerang wanita yang memasuki fase menopause dan laki-laki berusia 30 tahun. Asam urat yang menyerang kaki dapat menimbulkan beberapa tanda.

Berikut ciri-ciri asam urat di kaki:

- Kulit terasa hangat atau lembut ketika disentuh 
- Pembengkakan
- Rasa nyeri luar biasa 
- Kulit kemerahan 

Cara menurunkan asam urat di tangan dan kaki

Serangan asam urat di tangan mengakibatkan nyeri hebat hingga pembengkakan. Cara menurunkan asam urat di tangan dan kaki dapat dilakukan dengan alami dan diobati dengan beberapa obat-obatan sesuai rekomendasi dokter.

Cara menurunkan asam urat di tangan dan kaki secara alami

Kunci utama untuk mengatasi asam urat di tangan dan kaki secara alami yaitu menghentikan atau membatasi makanan tinggi purin. Hal itu mengingat penyebab asam urat yang utama adalah diet tinggi purin.

Makanan berpurin yang sebaiknya dihindari penderita asam urat antara lain ialah jeroan seperti hati atau babat, seafood, kembang kol, hingga daging merah. Selain menghindari atau membatasi makanan tinggi purin, Anda dapat menurunkan asam urat di tangan dan kaki dengan alami sebagai berikut:

  • Konsumsi banyak air putih diselingi cairan lain seperti teh herbal atau kaldu untuk mendorong kerja ginjal agar bisa mengeluarkan asam urat yang berlebih di dalam tubuh.
  • Meletakkan kaki pada bantal yang lebih tinggi atau ke dinding untuk mengurangi pembengkakan.
  • Mengompres area yang sakit dengan kantong kain berisi es batu selama 20-30 menit untuk meredakan nyeri akibat asam urat di lutut dan pembengkakan yang ditimbulkan.
  • Mengelola stres karena kondisi ini bisa memperburuk rasa sakit akibat serangan gout.
  • Konsumsi buah-buahan untuk meredakan asam urat, seperti ceri, pisang, hingga perasan lemon. Ceri dan pisang terbukti mempunyai sifat anti-inflamasi yang meredakan nyeri dan peradangan, sementara lemon dapat menurunkan kadar asam urat.

Cara menurunkan asam urat di lutut dengan obat

Dilansir dari Medical News Today, dokter mungkin meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengurangi rasa sakit akibat serangan asam urat di lutut, antara lain:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat asam urat di lutut.
  • Obat kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan nyeri akibat gout di lutut.
  • Obat untuk menghentikan pembentukan kristal asam urat dan mencegah kekambuhan seperti Colchicine.
  • Obat alloprinol dan febuxostat untuk membatasi produksi asam urat dan mencegah pembentukan kristal asam urat di sendi lain.
  • Obat urikosurik yang dapat menunjang proses pembuangan atau ekskresi asam urat yang menumpuk di lutut.

Perlu diingat, konsumsi obat-obatan untuk menurunkan asam urat di lutut sebaiknya dengan petunjuk dokter untuk mengetahui dosis serta jenis yang tepat.

Cara menurunkan asam urat di tangan dan kaki bisa dilakukan secara alami dan dengan obat. Sebelum menentukan cara untuk mengobati asam urat, Anda dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui berapa kadar asam urat di dalam darah dan bagaimana cara pengobatan yang paling pas sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Cara Mengatasi Asam Urat di Lutut secara Alami dan Pakai Obat", dan  "Ciri-ciri Asam Urat di Tangan dan Kaki serta Cara Mengobatinya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×