kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Ciri-Ciri Asam Lambung Memburuk, Cek Buah yang Aman untuk Asam Lambung


Kamis, 27 April 2023 / 07:12 WIB
Ciri-Ciri Asam Lambung Memburuk, Cek Buah yang Aman untuk Asam Lambung
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Asam Lambung Memburuk, Cek Buah yang Aman untuk Asam Lambung


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Waspadai ciri-ciri asam lambung yang memburuk. Untuk membantu menyembuhkan asam lambung, penderita bisa konsumsi buah-buahan yang aman untuk asam lambung.

Mengenali ciri-ciri asam lambung yang memburuk sangat penting. Umumnya, penderita meremehkan gejala asam lambung. Padahal, asam lambung yang memburuk bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain yang lebih berbahaya.

Dilansir dari Kompas.com, asam lambung adalah kondisi umum di mana kandungan asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan mulas. Dalam kondisi yang parah, dapat menyebabkan asam lambung kronis atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga dapat mempengaruhi remaja, anak-anak, bahkan bayi.

Menurut Healthline, biasanya saat Anda menelan, katup berotot antara kerongkongan dan perut akan tetap tertutup untuk menahan makanan. Jika katup tidak menutup dengan benar, maka kandungan asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan.

Inilah yang dikenal sebagai kondisi asam lambung naik atau GERD, di mana gejala umumnya termasuk mulas dan regurgitasi. Ada banyak cara untuk mengobati GERD, termasuk penyesuaian gaya hidup, pengobatan, hingga operasi.

Baca Juga: 8 Langkah Pengobatan Asam Lambung Tanpa Obat Kimia, Apa Saja?

Ciri-ciri asam lambung mulai memburuk

Jika Anda menderita asam lambung, terutama dalam kondisi kronis atau GERD, tentu akan dengan mudah menyadarinya ketika semakin parah. Saat GERD mulai memburuk, Anda mungkin memperhatikan gejala, seperti mulas dan regurgitasi akan terjadi lebih sering. Dari sekali atau dua kali per minggu menjadi setiap hari.

Beberapa gejala atau ciri-ciri yang mungkin timbul ketika kondisi asam lambung Anda memburuk adalah:

  • Suara menjadi serak atau sering berdeham
  • Batuk
  • Rasa nyeri di dada
  • Perasaan mual
  • Kesulitan atau nyeri saat menelan.

Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri asam lambung yang memburuk tersebut, segera hubungi dokter untuk mengetahui kondisi dan cara penanganannya. Membiarkan asam lambung dan GERD dengan tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius.

Asam lambung kronis atau GERD, ketika tidak diobati dapat mengakibatkan beberapa komplikasi serius, termasuk esofagitis dan barrett esofagus. Dilansir National Library of Medicine NIH, berikut beberapa risiko komplikasi akibat asam lambung kronis atau GERD:

1. Esophagitis, peradangan pada jaringan di kerongkongan

Asam lambung dapat memecah jaringan di kerongkongan, menyebabkan peradangan, pendarahan, dan terkadang luka terbuka. Esophagitis dapat sangat bervariasi sesuai tingkat keparahan, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan membuat sulit menelan. Dalam kasus yang parah, esophagitis mengakibatkan erosi yang luas, ulserasi dan penyempitan kerongkongan. Esofagitis juga dapat menyebabkan perdarahan gastrointestinal yang dapat muncul sebagai anemia, hematemesis, muntah darah, melena, hingga hematochezia.

2. Striktur esofagus, penyempitan kerongkongan

Kerusakan pada esofagus bagian bawah akibat asam lambung menyebabkan terbentuknya jaringan parut, yang dapat mempersempit jalur makanan dan menyebabkan masalah menelan. Peradangan esofagus kronis dari paparan asam yang berkelanjutan juga dapat menyebabkan perkembangan striktur peptik, biasanya muncul dengan keluhan utama disfagia.

3. Barrett’s esophagus

Kerusakan akibat asam dapat menyebabkan perubahan pada jaringan yang melapisi esofagus bagian bawah. Ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kerongkongan. Pasien dengan asam lambung persisten mungkin berisiko mengalami barrett’s esofagus, yang didefinisikan sebagai metaplasia usus esofagus.

Epitel sel skuamosa normal kerongkongan digantikan oleh epitel kolumnar dengan sel goblet, sebagai respons terhadap paparan asam. Perubahan barrett’s esofagus dapat meluas secara proksimal dari gastroesophageal junction (GEJ) dan berpotensi berkembang menjadi adenokarsinoma esofagus.

Buah yang aman untuk asam lambung

Diberitakan Kompas.com, berikut buah-buahan yang aman untuk asam lambung:

1. Pepaya 

Buah yang aman untuk asam lambung pertama adalah pepaya. Buah tropis yang manis ini memberikan beberapa manfaat kesehatan. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi gejala asam lambung. 

Selain itu, diketahui pepaya juga bermanfaat untuk membantu melawan sejumlah penyakit seperti jantung, diabetes, kanker, kesehatan tulang, dan asma. Buah pepaya mengandung vitamin K, betakaroten, kalsium, dan juga merupakan sumber vitamin A yang kaya.

2. Semangka 

Buah yang aman untuk asam lambung kedua adalah semangka. Buah Semangka kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Semangka juga memiliki skala pH tinggi yang berarti rendah asam. Karena kandungan airnya yang tinggi, buah ini dapat membantu pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi, sekaligus menetralkan asam di perut untuk mengurangi asam lambung. 

3. Persik 

Buah yang aman untuk asam lambung ketiga adalah persik. Buah persik atau peach memiliki kandungan asam yang rendah sehingga baik untuk penderita asam lambung. Buah persik bersifat antioksidan dan dikemas dengan vitamin esensial seperti vitamin A, B6, B12 dan C, serta mengandung kalsium, zat besi, dan magnesium. Persik diketahui dapat membantu dalam mengatasi diabetes, masalah kulit, hingga kanker kolorektal.

4. Apel 

Buah yang aman untuk asam lambung keempat adalah apel. Buah apel mengandung kaya vitamin seperti vitamin A, C, D, B-16 dan B-12. Selain itu, kalsium, zat besi, dan magnesium juga ditemukan dalam apel. Apel juga dapat mengurangi asam dan menenangkan perut, serta menjadikan pencernaan sehat dan membantu buang air besar secara teratur. 

5. Pisang 

Buah yang aman untuk asam lambung kelima adalah pisang. Pisang adalah buah yang mudah dicerna dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan termasuk buah rendah asam dengan pH sekitar 5,0. Pisang juga merupakan sumber potasium atau kalium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien. Serat dalam pisang meningkatkan pencernaan dan mengurangi asam lambung. 

Itulah ciri-ciri asam lambung memburuk yang harus diwaspadai serta daftar buah yang aman untuk asam lambung. Segera hubungi dokter jika mengalami ciri-ciri asam lambung di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×