kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 6 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Anda Waspadai


Senin, 24 Januari 2022 / 12:37 WIB
Cek 6 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Anda Waspadai
ILUSTRASI. Banyak faktor yang bisa jadi penyebab rambut rontok.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Rambut rontok merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, rambut rontok berlebih jadi tanda masalah kesehatan lain yang mungkin tak Anda sadari. Nah, mengetahui penyebab rambut rontok bisa memudahkan Anda melakukan pengobatan.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko rambut rontok. Pertama, usia mempengaruhi kekuatan rambut Anda. Jadi, sebaiknya rawat rambut sedari dini supaya kerontokan rambut di usia tua dapat Anda hindari.

Kedua, stres berlebih dan terjadi dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Apabila memang diperlukan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter.

Dengan begitu, stres yang Anda rasakan dapat berkurang dengan cara yang baik. Selain stres dan usia, tentu saja masih banyak faktor lain yang membuat rambut rontok. Mulai dari perubahan hormon, kondisi medis tertentu, hingga faktor yang lain.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Ini Tak Boleh Anda Lewatkan

Infeksi kulit kepala

Melansir Eugenix, infeksi jamur di kulit kepala bisa menyebabkan munculnya bercak putih. Jika terus dibiarkan, bercak putih itu mengakibatkan rambut di sekitarnya rontok. Tapi, Anda tak perlu khawatir karena dengan perawatan yang tepat, masalah itu bisa teratasi dengan baik.

Penataan rambut

Meski terkesan sepele, penataan rambut tertentu bisa jadi penyebab rambut rontok, lo. Mengikat rambut terlalu kencang atau memakai produk penata rambut tertentu bisa mengakibatkan inflamasi. Akhirnya, kekuatan rambut berkurang sehingga lebih mudah rontok.

Perubahan hormon

Salah satu penyebab rambut rontok adalah perubahan hormon.

Perubahan hormon jadi penyebab rambut rontok selanjutnya yang bisa dialami siapa saja. Biasanya, perubahan hormon terjadi saat Anda hamil, menstruasi, atau memasuki masa menopause. Masalah pada kelenjar tiroid juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Riwayat kesehatan keluarga

Eugenix menyebutkan, rambut rontok berlebih dapat terjadi karena riwayat kesehatan keluarga. Umumnya, rambut rontok karena keturunan terjadi secara perlahan. Seiring berjalannya waktu, rambut Anda semakin menipis. Garis batas rambut juga ikut berkurang.

Baca Juga: 6 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Vertigo, Apa Saja?

Terlalu banyak vitamin A

Vitamin A memang dibutuhkan tubuh Anda supaya tetap sehat. Tapi, jumlahnya yang terlalu banyak dalam tubuh bisa memicu kerontokan rambut. Makanya, usahakan untuk berkonsultasi dulu ke dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen vitamin A atau jenis obat yang lain.

Pengobatan

Rambut rontok juga bisa terjadi karena beberapa jenis pengobatan yang sedang Anda jalani. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah obat hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, pengobatan kanker, obat antidepresi, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×