Cek 5 menu diet rendah kalori ini, tertarik mencoba?

Selasa, 21 September 2021 | 09:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cek 5 menu diet rendah kalori ini, tertarik mencoba?

ILUSTRASI. Kentang termasuk salah satu menu diet rendah kalori.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya olahraga, ada banyak hal lain yang perlu Anda lakukan sebagai cara menurunkan berat badan. Salah satunya adalah membatasi konsumsi kalori sehari-hari. Jika Anda merasa kesulitan untuk menentukan pilihan, mengonsumsi menu diet rendah kalori ini bisa jadi opsi.

Jenis makanan pertama yang dapat Anda coba adalah oatmeal. Meski mengandung sedikit kalori, protein dan serat yang terkandung dalam jenis makanan itu mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hanya terdapat 148 kalori dalam 40 g oatmeal. Namun, dalam jumlah oatmeal yang sama, Anda bisa mendapatkan 5.5 g protein dan 3.8 protein yang mana baik untuk tubuh Anda selama menjalankan program diet. Selain oatmeal, beberapa makanan ini bisa Anda jadikan pilihan.

Buah Beri

Stroberi, bluberi, atau jenis buah beri yang lain bisa Anda jadikan menu diet rendah kalori, lo. Tidak hanya itu, buah beri juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: 7 Cara mengecilkan perut buncit pada wanita & pria secara alami

Popcorn

Tahukah Anda bahwa popcorn bisa jadi salah satu menu sehat selama diet? Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa popcorn memiliki sedikit kalori, tapi dipenuhi dengan serat. Selain membuat kenyang, serat dalam popcorn juga bisa mengontrol gula darah dalam tubuh.

Namun, tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengonsumsi popcorn selama diet. Pastikan untuk tidak makan popcorn yang dicampur dengan gula atau garam, ya. Dua hal itu justru bisa memberikan efek buruk pada kesehatan.

Kentang

Dengan pengolahan yang tepat, kentang bisa dijadikan menu diet rendah kalori. Dalam satu kentang panggang berukuran sedang, hanya terdapat 161 kalori. Hasil penelitian pun mengatakan bahwa kentang bisa menurunkan nafsu makan sehingga risiko makan berlebih dapat dicegah.

Baca Juga: 5 Makanan yang bisa Anda jadikan obat jantung koroner

Telur

Telur bisa dijadikan menu diet rendah kalori.

Telur termasuk menu diet berikutnya yang layak Anda coba. Anda bisa mendapat 6 g protein dan vitamin serta mineral lain yang terkandung dalam satu butir telur berukuran besar. Cobalah untuk mengonsumsi telur saat sarapan supaya Anda tak mudah lapar dalam melakukan aktivitas.

Yogurt

Healthline menyarankan Anda untuk mengonsumsi yogurt selama diet. Alasannya karena terdapat 11 g protein dalam 150 g greek yoghurt. Hindari menambahkan gula atau pemanis buatan lain yang dapat mengurangi efek baik yogurt.

Selanjutnya: Sering sakit kepala saat diet? Begini cara meredakannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru