7 Cara mengecilkan perut buncit pada wanita & pria secara alami

Jumat, 17 September 2021 | 06:58 WIB Sumber: Kompas.com
7 Cara mengecilkan perut buncit pada wanita & pria secara alami

ILUSTRASI. 7 Cara mengecilkan perut buncit pada wanita & pria secara alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara mengecilkan perut buncit pada wanita maupun laki-laki bisa dilakukan secara alami dan tanpa operasi. Jika Anda ingin mengecilkan perut buncit, ikuti seluruh cara berikut ini.

Memiliki beberapa lemak di perut adalah normal. Bagaimanapun, lemak berfungsi untuk melindungi dan menyekat tubuh Anda. Namun, memiliki terlalu banyak lemak di perut dapat membahayakan kesehatan Anda dan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis tertentu.

Lemak di perut menjadi salah satu penyebab perut buncit. Banyak orang mengalami kesulitan dengan adanya perut buncit, mulai dari rasa percaya diri yang menurun hingga masalah kesehatan. Bagaimana cara mengecilkan perut buncit?

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi lemak perut sekaligus mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki dilansir Healthline, 18 Agustus 2021:

1. Kurangi minuman manis

Cara pertama mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami adalah mengurangi minuman manis. Terlalu banyak minum minuman manis seperti soda telah dikaitkan dengan peningkatan akumulasi lemak visceral dan lingkar pinggang yang lebih besar. Hal itu diungkapkan studi yang dipublikasikan di Pubmed pada 2016 dan beberapa penelitian serupa.

Baca juga: Tak hanya menyehatkan, olahraga ini efektif menurunkan berat badan

2. Bergerak

Cara kedua mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami adalah aktiv bergerak. Meningkatkan aktivitas fisik dapat secara signifikan mengurangi lemak perut.

Anda bisa mencoba menggabungkan latihan fisik termasuk aktivitas aerobik berintensitas tinggi dan rendah, serta latihan ketahanan, yang semuanya telah terbukti membantu mengurangi lemak perut. Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian yang dipublikasikan di NCBI pada 2013 dan beberapa penelitian serupa.

3. Tingkatkan asupan serat

Cara ketiga mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami adalah memperbanyak asupan serat. Orang yang mengikuti diet serat tinggi cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang tidak.

Selain itu transisi ke diet serat tinggi dapat membantu Anda menghilangkan kelebihan lemak perut. Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian yang dipublikasikan di Pubmed pada 2012 dan beberapa penelitian serupa.

4. Kurangi makanan ultra-olahan

Cara keempat mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami adalah mengurangi makanan ultra-olahan. Studi menunjukkan bahwa sering makan makanan ultra-olahan seperti makanan ringan, permen, makanan cepat saji, dan produk biji-bijian olahan terkait dengan lingkar pinggang yang lebih besar. Studi itu dipublikasikan di Biomed Central pada 2019.

5. Jangan kurang tidur

Cara kelima mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami adalah harus cukup istirahat. Kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan akumulasi lemak visceral (lemak perut). Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 56.000 orang mengaitkan durasi tidur yang lebih pendek dengan lingkar pinggang yang lebih besar. Studi itu dipublikasikan di NCBI pada 2015.

6. Tingkatkan asupan protein

Cara keenam mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami adalah memperbanyak asupan protein. Pola diet yang lebih tinggi protein dapat membantu mengurangi lemak perut.

Hal itu seperti ditulis sebuah studi yang melibatkan 23.876 orang. Studi mengaitkan diet protein tinggi dengan lingkar pinggang yang lebih kecil. Studi itu dipublikasikan di Pubmed pada 2015.

7. Kurangi konsumsi karbohidrat

Terakhir, cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami adalah mengurangi konsumsi karbohidrat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa orang dengan terlalu banyak lemak perut dapat mengambil manfaat dari pengurangan asupan karbohidrat mereka.

Sebuah studi yang dilakukan selama 15 minggu yang melibatkan 50 orang dewasa paruh baya dengan kelebihan berat badan atau obesitas menemukan bahwa mereka yang diberi diet rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan dibatasi energi yang menyediakan 5 persen kalori dari karbohidrat kehilangan lebih banyak lemak perut, termasuk lemak visceral, dibandingkan mereka yang mengikuti diet rendah lemak. Studi itu dipublikasikan di NCBI pada 2021.

Itulah beragam cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami. Tentu saja, cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan laki-laki secara alami ini butuh kedisiplinan dan waktu yang lama. Jangan berharap perut buncit bisa mengecil secara instan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Apa Saja?",


Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Sari Hardiyanto

Selanjutnya: Ini 5 cara mengecilkan perut yang mudah dipraktikkan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru