kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 5 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


Minggu, 04 Desember 2022 / 16:30 WIB
Cek 5 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat bayam untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, mengkonsumsi bayam mampu memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Banyaknya manfaat yang didapatkan karena bayam mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang dikandung sayuran berwarna hijau tersebut di antaranya protein, vitamin K, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium dan berbagai macam nutrisi lainnya. 

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, membuat bayam baik untuk dikonsumsi bayi, anak-anak, ibu hamil hingga lansia.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Terong Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Bayam juga termasuk salah satu sayuran rendah kalori yang cocok untuk dijadikan makanan saat diet menurunkan berat badan. Lalu apa saja manfaat bayam lainnya? 

Melansir dari Health, berikut manfaat bayam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

1. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat bayam selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan otak. Efek antiinflamasi bayam menjadikannya pesaing utama untuk melindungi otak, terutama dengan penuaan. 

Dalam satu penelitian, para peneliti melacak pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 orang dewasa yang lebih tua selama sekitar lima tahun. Mereka melihat penurunan yang signifikan dalam tingkat penurunan kognitif di antara mereka yang mengonsumsi sayuran berdaun hijau salah satunya bayam dalam jumlah yang lebih besar.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

2. Kaya Antioksidan

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, bayam menyediakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah peradangan dan perlindungan dari berbagai penyakit.

3. Mengurangi Stres

Dilansir dari Health, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function, para peneliti merangkum efek perlindungan bayam, berdasarkan aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif alaminya. Mereka menyatakan bahwa zat yang berasal dari bayam ini dapat mengurangi stres oksidatif, kerusakan DNA, dan penyakit. 

Selain itu, bayam juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah peradangan.

Baca Juga: Meski Pahit, Kenali 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

4. Mengatur Tekanan Darah 

Bayam merupakan sumber alami nitrat, senyawa ini mempunyai manfaat membuka pembuluh darah untu meningkatkan aliran darah dan meringankan beban kerja pada jantung. Alhasil, dapat mengatur tekanan darah menjadi lebih stabil.

5. Melindungi Kesehatan Mata

Salah satu kandungan antioksidan dalam bayam, yang disebut lutein, telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) salah satu penyakit mata yang mempengaruhi saat Anda membaca atau mengemudi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×