Penyakit Menular

Cegah virus corona, begini cara memakai masker yang benar

Rabu, 13 Januari 2021 | 12:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah virus corona, begini cara memakai masker yang benar

ILUSTRASI. Anda perlu melakukan cara memakai masker yang benar di tengah pandemi virus corona.


KONTAN.CO.ID - Di tengah pandemi virus corona baru, masker merupakan benda wajib yang perlu selalu dipakai. Apalagi, saat Anda melakukan kegiatan di luar rumah. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara memakai masker yang benar.

Jika Anda menggunakan masker dengan cara yang salah, bukan tidak mungkin virus corona bisa menginfeksi Anda dengan mudah. Masker tak hanya dipakai supaya Anda tidak tertular virus corona. Tapi, masker juga digunakan agar Anda tak menulari orang lain.

Protokol kesehatan tersebut penting untuk diterapkan, apalagi jika Anda penderita Covid-19 tanpa gejala. Keluarnya partikel virus dalam bentuk droplet bisa Anda cegah saat memakai masker. Hal tersebut menunjukkan, masker benar-benar penting untuk dipakai di tengah pandemi.

Gunakan masker yang menutup mulut dan hidung

Cara memakai masker yang benar adalah dengan menggunakannya hingga menutup hidung dan mulut secara menyeluruh. Mengutip dari Medical Xpress, jika memungkinkan, pakai masker hingga menutup dagu.

Selain itu, pastikan untuk memakai masker dengan ukuran yang pas. Artinya, masker yang Anda gunakan tak terlalu rapat, tapi juga tak terlalu longgar. Dengan begitu, Anda bisa tetap nyaman saat memakai masker.

Jika Anda menggunakan masker kain, pilihlah masker yang terbuat dari bahan yang nyaman dipakai.

Tak berhenti sampai di situ, pastikan untuk tidak menurunkan masker ke bawah hidung atau dagu. Hal itu cukup berisiko karena potensi Anda terinfeksi virus corona menjadi lebih besar.

Baca Juga: Tips untuk menghindari penularan virus corona

Baca Juga: Ingin menghindari Virus Corona? Lakukan ini tiap hari

Jangan pakaikan masker pada bayi berusia kurang dari dua tahun

Menurut Medical Xpress, bayi yang berusia kurang dari dua tahun tidak perlu memakai masker. Hal yang sama juga berlaku pada orang tua yang sudah kesulitan untuk bernapas.

Maka dari itu, salah satu langkan pencegah Covid-19 yang cukup efektif bagi mereka adalah tidak melakukan aktivitas berlebih di luar rumah.

Jangan pegang bagian depan masker

Tidak memegang bagian luar masker termasuk dalam cara memakai masker yang benar. Maser adalah pelindung Anda dari virus corona.

Artinya, virus tersebut bisa menempel di bagian luar masker. Jika Anda memegang bagian luar masker, tangan Anda bisa terkontaminasi virus corona.

Jika Anda ingin melepas masker, pastikan untuk memegang bagian tali masker.

Selain itu, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga penting untuk dilakukan. Usahakan pula untu tidak memegang wajah terlalu sering untuk menghindari infeksi virus corona.

Selanjutnya: Orang Tanpa Gejala menularkan virus corona dengan cara ini, hati-hati!

Editor: Belladina Biananda


Terbaru