Tips Sehat

Cegah terinfeksi virus corona, tingkatkan imun tubuh dengan tiga cara ini

Jumat, 06 Maret 2020 | 23:19 WIB Sumber: Kompas.com
Cegah terinfeksi virus corona, tingkatkan imun tubuh dengan tiga cara ini

ILUSTRASI. Perempuan yang bahagia dan sehat.


KONTAN.CO.ID - Merebaknya virus corona baru membuat banyak orang lebih fokus pada wabah penyakit ini. Padahal, ada banyak kasus flu lainnya yang juga tak bisa diabaikan. 

Dokter spesialis penyakit menular, Sandra Kesh M.D. menyampaikan, ada sekitar 16.000 kematian terkait flu di musim ini. Angka itu dibeberkan bukan untuk menebar ketakutan, melainkan untuk mengingatkan kita bahwa menjaga sistem kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting.

Kepada Mind Body Green, Kesh memberi tiga tip untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami:

Baca Juga: Benarkah vitamin C bisa menangkal penularan virus corona?

1. Mengurangi stres 

Stres bisa memengaruhi segalanya, mulai dari kesehatan otak, berat badan, hingga kekebalan tubuh. Kesh menemukan, kasus di mana pasiennya merasa sudah melakukan semua hal dengan benar namun masih jatuh sakit. 

Hal itu, kata dia, disebabkan oleh stres. Kondisi itu disebabkan kadar kortisol yang tidak dijaga dalam kisaran normal, baik pada anak usia dini atau sepanjang penuaan, yang secara fisik dapat mengganggu sifat penyembuhan tubuh. 

Robin Berzin, M.D. pernah menjelaskan sebelumnya bahwa kondisi tersebut bisa menyebabkan sejumlah dampak kesehatan. Mulai dari memperlambat penyembuhan luka, mengurangi efek perlindungan vaksin, hingga meningkatkan kerentanan tubuh terhadap infeksi. "Stres adalah modulator imun utama," ungkapnya.

2. Menjaga pola hidup sehat 

Tidur cukup dan makan dengan baik juga merupakan cara penting lainnya untuk menjaga kekebalan tubuh. Ahli alergi dan imunologi Heather Moday M.D. menjelaskan, bahwa ketika tidur, sistem kekebalan tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri, mitokondria membersihkan diri dan hati melakukan sebagian besar detoksifikasi. 

Itulah sebabnya tubuh terasa sangat lelah ketika kita sakit. Tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam dapat membantu menjaga tubuh kita tetap waspada terhadap patogen berbahaya. 

Penelitian membuktikan bahwa makan makanan kaya nutrisi, memperbanyak buah-buahan, sayuran, dan makanan anti-inflamasi lainnya memiliki dampak langsung pada respons kekebalan tubuh dan dapat membantu melindungi diri dari penyakit.

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru