kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah terinfeksi Covid-19 dengan double masker, begini panduannya


Senin, 21 Juni 2021 / 21:08 WIB
Cegah terinfeksi Covid-19 dengan double masker, begini panduannya


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali menanjak. Bahkan bisa dikatakan jika sekarang Indonesia sedang dalam fase gelombang kedua Covid-19. 

Beredar di masyarakat tentang menggunakan masker double untuk menurunkan risiko terinfeksi Covid-19. Dr Adam Prabata, Phd Candidate di Medical Science Kobe Unversity di instagram menjelaskan, efektifitas menggunakan masker double terbukti nyata menyaring droplet yang berasal dari saluran pernapasan. 

Baca Juga: Begini cara Direktur TPMA mencegah terjadinya klaster keluarga

Penggunaan masker double yang dianjurkan adalah menggunakan masker medis bagian dalam ditambah masker kain di bagian luar. Ajuran menggunakan masker double menurut Adam karena dapat meningkatkan filtrasi masker sehingga bisa meningkatkan perlindungan dan menurunkan risiko tertular Covid-19. 

Adam menambahkan, masker kain dapat menutup celah yang ada di antara wajah dan area pinggir masker medis. Cara ini juga dianggap bisa meningkatkan perlindungan dan menurunkan risiko tertular Covid-19. 

Persentase partikel yang terblokir pada percobaan simulasi batuk pada masker bedah mencapai 56,1%. Sedangkan pada masker kain saja, partikel yang terblokir mencapai 51,4%. Persentase partikel yang terblokir jika seseorang menggunakan masker medis yang dilapisi masker kain bisa mencapai 85,4%. 

Tapi Adam menjelaskan, jika masker double yang tidak dianjurkan adalah masker medis bagian dalam dan masker medis bagian luar. "Kenapa ini tidak dianjurkan karena masker medis tidak dirancang agar terpasang ketat di wajah," papar dia. Masker medis yang ditumpuk lebih dari satu tidak akan mempengaruhi keketatan masker. 

Baca Juga: Cara melindungi dari infeksi virus corona varian Delta

Cara menumpuk masker yang tidak dianjurkan lainnya adalah menumpuk masker N95 atau KN95 atau KF94 dengan masker apapun. Pasalnya, masker N95 dan KF94 yang sesuai standar sudah memiliki desain yang sangat ketat dan kemampuan filtrasi droplet 94% sampai dengan 95%. 

"Menggunakan masker double yaitu masker medis di bawah masker kain dapet meningkatkan keketatan dan filtrasi masker yang terbukti lebih efektif untuk menyaring droplet yang berasal dari saluran napas," jelas Adam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×