Penyakit Menular

Cegah penyebaran corona lewat udara di ruang kerja kantor, ini yang harus dilakukan

Selasa, 14 Juli 2020 | 09:15 WIB   Reporter: Prihastomo Wahyu Widodo, Syamsul Ashar
Cegah penyebaran corona lewat udara di ruang kerja kantor, ini yang harus dilakukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus corona bisa menyebar di udara terutama diruangan yang memiliki sikrulasi udara yang buruk seperti di ruang perkantoran.

Karena itu pengelola perkantoran perlu memperhatikan tata cara agar bisa mencegah penyebaran virus corona di udara, sekaligus menjaga kesehatan para pekerja.

Pemerintah Indonesia mencermati peringkatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa virus corona Covid-19 bisa melayang-layanng di udara dalam waktu lama sehingga menyebabkan penyebaran terjadinya penularan 

Seperti kita tahu, selama ini WHO mengatakan jika virus corona Covid-19 ini menyebar melalui percikan atau droplet besar yang dikeluarkan manusia dari hidung dan mulut. 

Karena itu droplet tersebut hanya terpapar ke tempat ia terjatuh seperti ke tanah atau benda-benda sekitar.

Namun, kini WHO mengakui bahwa tidak hanya droplet yang menyebabkan penularan, tapi mikro droplet yang bisa melayang-layang di udara dalam waktu lama, sehingga saat terhirup oleh pernafasan maka bisa menular kepada orang yang menghirupnya

"Kami telah membicarakan tentang kemungkinan transmisi udara dan transmisi aerosol sebagai jenis transmisi untuk virus corona Covid-19," kata Maria Van Kerkhove, pemimpin teknis WHO dalam penanganan virus corona Covid-19, seperti dikutip Kantor Berita Reuters (7/7).

Temuan bahwa virus ini bisa menyebar lewat udara pertama kali disampaikan melalui jurnal Clinical Infectious Diseases yang disusun oleh 239 ilmuwan dari 32 negara.

Jurnal tersebut menguraikan bagaimana partikelerkecil dari virus bisa bertahan cukup lama di udara sebelum akhirnya masuk melalui saluran pernapasan.

"Kami ingin mereka (WHO) mengakui bukti yang kami temukan," ungkap Jose Jimenez, ahli kimia dari University of Colorado yang ikut dalam penelitian.

Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, dari beberapa informasi pemberitaan yag disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diyakini bahwa penularan virus yang terjadi melalui cemaran oleh mikro droplet. 

Oleh sebab itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta agar masyarakat mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan demi pencegahan virus corona Covid-19.

Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 itu seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menjaga jarak.

SELANJUTNYA>>>

Editor: Syamsul Azhar


Terbaru