kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah corona dengan konsumsi vitamin imun booster


Senin, 07 September 2020 / 15:10 WIB
Cegah corona dengan konsumsi vitamin imun booster


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selain menerapkan tiga M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jaga), kita harus meningkatkan ketahanan tubuh untuk mencegah terinfeksi virus corona / Covid-19. Sejumlah vitamin bisa bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh / imun booster.

Tubuh memiliki sebuah sistem alami untuk menangkal penyakit baik dari infeksi virus maupun bakteri. Sistem ini dikenal dengan nama imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Meski sistem ini bekerja secara alami, tapi, ada kalanya imunitas tubuh menurun. Jika sudah begitu, penyakit akan dengan mudah menjangkiti tubuh.

Saat daya tahan tubuh melemah, kita perlu mendorong sistem imun tubuh agar kembali optimal. Ada banyak cara untuk membuat sistem imun meningkat. Salah satunya dengan memenuhi asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Di antara banyaknya jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga maupun menaikkan sistem imun tubuh, vitamin esensial merupakan salah satu yang terpenting. Melansir dari Business Insider, vitamin esensial dapat membantu menghasilkan sel kekebalan tubuh seperti antibodi dan sel darah putih dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: Pemprov Banten berlakukan PSBB di seluruh wilayah mulai Senin (7/9), ini penyebabnya

Sel-sel tersebut yang nantinya bekerja dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus maupun bakteri. Berikut ada empat vitamin sebagai imun booster.

1. Vitamin B6

Tubuh memerlukan vitamin B6 untuk membuat sel imun yang dapat melawan mikroba berbahaya. Cara kerja vitamin B6 adalah dengan membantu tubuh memproduksi sel-T, sejenis sel kekebalan yang membantu membunuh sel-sel yang terinfeksi dalam tubuh.

Tak hanya itu, vitamin B6 juga mengaktifkan respons sistem kekebalan tubuh. Untuk perempuan, jumlah kebutuhan vitamin B6 harian sekitar 1,2 mg. Sedangkan pria membutuhkan 1,4 mg vitamin B6 harian.

Merangkum dari Cleveland Clinic, beberapa makanan kaya vitamin B6 termasuk daging ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau.

Daftar vitamin imun booster ada di halaman selanjutnya




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×